Waspada
Waspada » Jadi Mahasiswa UT, Sean Idol: Kuliahnya Asik dan Fleksibel
Hiburan

Jadi Mahasiswa UT, Sean Idol: Kuliahnya Asik dan Fleksibel

JAKARTA (Waspada): Lama tak terdengar kabarnya, Kamasean Yoce Matthews atau akrab disapa Sean Idol, ternyata sedang asyik menjalani perkuliahan di Universitas Terbuka (UT). Sean, runner up Indonesian Idol 2012 ini
adalah mahasiswi Ilmu Hukum UPBJJ-UT Jakarta.

“Selama pandemi ini, saya sedang fokus kuliah di UT. Kalaupun ada kegiatan ya berbarengan dengan kuliah saya di UT,” ujar Sean dalam perbincangan hangat yang dipandu moderator Tengku Lutfiana dan Nisa Afriza. Sean hadir sebagai salah satu dari dua anak muda publik figure yang memeriahkan acara Temu Public Figure (TPF) 2021 secara virtual yang  ditayangkan di channel Youtube UT-TV, Kamis (15/7). TPF 2021 mengangkat tema “Meningkatkan Kualitas Diri Bersama UT” yang sesuai dengan tema Dies Natalis UT ke-37 yaitu “Membangun SDM Unggul Melalui Digital Learning Ecosystem”.

Bersama Sean ada Jahru yang merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi UPBJJ-UT Serang dan menjadi Duta Pariwisata Provinsi Banten, serta terpilih sebagai Finalis Kang-Nong Provinsi Banten 2020.

Sean mengaku sangat senang kuliah di UT, karena sangat sesuai dengan kebutuhannya sebagai anak muda yang bergerak aktif. Apalagi saat ini sudah ada sistem ujian mandiri berbasis online yang dinamakan Take Home Exam (THE). Menurutnya hal itu sangat membantu di era pandemi, dimana semua kegiatan perkuliahan dan ujian dilakukan berbasis dalam jaringan.

“Saya cocok banget kuliah di UT, bisa disesuikan waktunya dengan keinginan kita. Saya semester lalu nilainya A semua,” ujar Sean, sambil melepas tawa.

Hal senada disampaikan Jahru. Dia yang juga menggeluti dunia model, sangat terbantu dengan sistem perkuliahan yang fleksibel dari UT. Hal itu membuatnya mampu meraih mimpi sekaligus tetap eksis dalam dunia pendidikan tinggi.

“Saya merasa pendidikan dan potensi diri jadi bisa berjalan bersamaan,” katanya.

Rektor UT Prof Ojat Darojat dalam sambutannya pada acara tersebut mengatakan, lulusan UT memang dituntut untuk menjadi pribadi yang unggul, mampu kreatif dan produktif di tengah situasi apapun. Bahkan, lulusan UT diminta untuk ikut berperan sebagai agen pembangunan.

“Dengan manusia unggul maka bangsa ini bisa memenangkan persaingan global,” kata Ojat.

Ketua Umum Dies Natalis UT ke-37, yang juga Dekan Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UT, DR  Sofjan Arifin mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan TPF 2021 yaitu sarana bagi public figure yang berstatus sebagai mahasiswa aktif UT untuk berbagi pengalaman, serta diharapkan dapat memperkenalkan UT kepada khalayak masyarakat yang lebih luas dan mempromosikan UT sebagai perguruan tinggi negeri yang berkualitas.

Menginjak usia ke-37 pada 4 September 2021, UT terus melangkah dengan pasti sebagai Perguruan Tinggi Negeri ke-45 dan pionir pendidikan jarak jauh (PJJ) di Indonesia. UT mendukung program pemerintah dalam pemerataan akses pendidikan yang menjadi salah satu prioritas UT untuk terus menyediakan pendidikan tinggi yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia dimana pun berada. Rangkaian kegiatan Dies Natalis Ke-37 UT dimeriahkan juga dengan berbagai macam kegiatan diantaranya pemecahan Rekor MURI, Disporseninas 2021 , berbagai webinar, seminar dan perlombaan.(J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2