Waspada
Waspada » Hubungan Pematangsiantar-Tanahjawa Kembali Lumpuh
Hiburan Sumut

Hubungan Pematangsiantar-Tanahjawa Kembali Lumpuh

KONDISI jembatan bailey di jalan penghubung Pematangsiantar-Tanahjawa yang amblas menyusul hujan deras yang terjadi Sabtu (22/3) malam.
KONDISI jembatan bailey di jalan penghubung Pematangsiantar-Tanahjawa yang amblas menyusul hujan deras yang terjadi Sabtu (22/3) malam.

SIMALUNGUN (Waspada): Jembatan bailey di jalan umum Pematangsiantar-Tanahjawa, Simpang Pondok 8 Nagori Marubun Jaya, Kec Tanahjawa, Kab Simalungun, amblas akibat tergerus erosi menyusul hujan deras yang melanda daerah itu Sabtu (21/3) malam.

Akibat kejadian itu, hubungan transportasi Pematangsiantar-Tanahjawa dan sebaliknya kembali lumpuh.

Padahal jembatan bailey itu selesai dibangun jelang tahun baru 2020 lalu dan merupakan jembatan utama untuk menghubungkan kedua daerah tersebut.

Pihak Polsek Tanahjawa, pada malam itu juga memasang police lain di jembatan dimaksud.

Kapolsek Tanahjawa, AKP Syamsul Baharuddin, mengungkapkan jembatan bailey itu amblas Sabtu (21/3) sekira pk. 20:00 malam, menyusul hujan deras yang turun di Nagori Marubun Jaya, sehingga air meluap dan banjir.

“Akibat banjir tersebut, pasangan batu padas (beronjong) dan tanah disekitar jembatan bailey terkikis, sehingga sekira pukul 21:30 Wib. Jembatan tersebut menjadi ambruk (amblas) kebawah kurang lebih 1 meter, sehingga untuk kenderaan tidak dapat melintas,” kata Kapolsek.

Untuk sementara, personil Polsek Tanahjawa (Unit Lantas) melakukan pengalihan arus lalin.

Untuk roda empat dan enam melintas dari jalan perkebunan PTPN IV Afdeling III Kebun Marihat Nagori Marubun Jaya, baik jurusan dari Pematangsiantar menuju Tanahjawa, begitu juga sebaliknya.

Sedangkan, untuk kenderaan roda dua dapat dilalui dari Simpang Pondok 8 melalui jembatan darurat yang dibuat oleh warga setempat. (a29)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2