Harry-Meghan Blokir 4 Media Besar Inggris

  • Bagikan
Pangeran Harry dan Meghan untuk pertama kali tampil ke publik di California dengan membagikan makanan bagi orang miskin. AFP

Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, memblokir empat media besar Inggris dengan alasan menuding mereka telah memuat berita yang ‘dikarang, salah, dan invasif tanpa alasan’.

Dikutip dari The Guardian, Selasa (21/4/2020) pasangan tersebut mengirim surat kepada pemimpin redaksi The Sun, Daily Mail, Mirror, dan Express. Dalam surat itu, Harry dan Meghan mengatakan “tak ada pembenaran dan tak akan ada keterikatan” dengan tabloid tersebut.

“Kebijakan ini bukan tentang menghindari kritik. Ini bukan menghentikan percakapan publik atau sensor pada laporan akurat,” menurut salinan surat yang diklaim dari pasangan tersebut dan disebarkan oleh jurnalis Financial Times, Mark Di Stefano, di media sosial. Meski begitu, Harry dan Meghan menyatakan mereka tak ingin digunakan sebagai ‘sumber ekonomi dari clickbait dan pengarangan’.

“Duke dan Duchess of Sussex telah menyaksikan orang yang mereka kenal, serta orang asing, memiliki kehidupan yang terasingkan tanpa alasan yang jelas, selain fakta bahwa gosip yang nyeleneh meningkatkan pendapatan iklan,” demikian keterangan The Guardian. Media Inggris itu sendiri menggambarkan surat tersebut sebagai “serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada sejumlah media besar”.

Harry dan Meghan mengejutkan publik dengan pengumuman pada Januari lalu bahwa mereka berencana untuk keluar dari keanggotaan Kerajaan Inggris agar bisa hidup mandiri secara finansial.

Keputusan yang dijuluki sebagai “Megxit” oleh media-media Inggris terebut juga berisi banyak berita bahwa Meghan Markle tak bahagia hidup di dalam Istana Inggris. Pasangan itu pun sempat mengajukan keberatan atas berita-berita tersebut.

Hubungan panas antara Harry-Meghan Markle dengan media di Inggris sudah dimulai kala keduanya akan menikah, terutama ketika skandal pengarangan foto oleh ayah Meghan, Thomas, terbongkar ke publik.

Kala itu, Thomas diketahui mengarang cerita paparazi menguntit dirinya berkegiatan jelang pernikahan. Tindakan itu kemudian terbongkar bahwa Thomas dan sang paparazi sudah menjalin kerja sama.

Sejak saat itu pula, kehidupan Meghan Markle menjadi bahan berita bagi banyak media selama berbulan-bulan, bahkan hingga mereka sudah menikah dan memiliki anak. Harry bahkan sempat menuntut sejumlah media Inggris yang menyebarkan surat dari adik Pangeran William itu kepada ayah Meghan.

Meski memblokir sejumlah media besar Inggris, Harry-Meghan menyebut keputusan mereka itu tidak berlaku bagi semua media dan mereka akan terus bekerja sama dengan wartawan di seluruh dunia. (the guardian/And)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *