Waspada
Waspada » Dukung Demo Petani, Rihanna Dan Greta Thunberg Dikecam Para Pesohor India
Hiburan

Dukung Demo Petani, Rihanna Dan Greta Thunberg Dikecam Para Pesohor India

Penyanyi Rihanna dan aktivis lingkungan Greta Thunberg mendapat kecaman dari para pesohor India karena mendukung demonstrasi petani India. BBC

Waspada – Para selebritas India pada Rabu ramai-ramai menyerang penyanyi Rihanna dan aktivis lingkungan Greta Thunberg karena berkomentar di media sosial terkait unjuk rasa petani yang telah berlangsung cukup lama di negara tersebut.

Dilansir TMZ, Kamis (4/2/2021), dalam dua bulan terakhir petani di seluruh India menentang UU pertanian baru. Dalam kicauannya di Twittee, Rihanna yang memiliki pengikut 100 juta orang mengungkapkan dukungannya.

“Mengapa kita tidak membicarakan ini?!”, disertai link berita tentang pemadaman listrik di kamp unjuk rasa di mana puluhan ribu petani tinggal sejak November. Lebih dari 1 juta orang me-retweet, menyukai, dan membalas kicauan itu.

Legenda olahraga Sachin Tendulkar dan sejumlah bintang Bollywood mengecam komentar tersebut, yang oleh kementerian luar negeri India disebut komentar Twitter “sensasionalis”.

Aktivis Swedia, Greta Thunberg juga men-tweet berita pemadaman listrik itu, mengatakan: “Kami berdiri dalam solidaritas dengan #DemoPetani di Indian” Meena Harris, keponakan Wapres AS Kamala Harris, yang ibunya lahir di India, memberikan dukungan untuk Greta.

Kicauan para artis Bollywood memicu badai dunia maya di India, di mana unjuk rasa tersebut menjadi tantangan terbesar bagi Hindu nasionalis Perdana Menteri Narendra Modi sejak berkuasa pada 2014.

“Godaan dari tagar dan komentar media sosial yang sensasional, terutama ketika digunakan oleh selebriti dan lainnya, tidak akurat dan tidak bertanggung jawab,” kata kementerian luar negeri India, dikutip AFP, Kamis (4/2).

Tendulkar, pemain kriket internasional dengan skor tertinggi, membalas kicuaan Rihanna. “Kedaulatan India tidak bisa dikompromikan. Pasukan eksternal bisa jadi penonton tapi bukan partisipan,” katanya.

Aktris Bollywood, Kangana Ranaut, yang merupakan pendukung Modi menyebut petani yang demo sebagai “teroris” dan menyebut Rihanna “si tolol”. Aktor dan sutradara Anupam Kher, Akshay Kumar, Suniel Shetty, dan Karan Johar bergabung mengecam Rihanna.

Pemerintah kemudian mengancam Twitter dengan “tindakan hukuman” karena membuka 250 akun dan tweet tentang demo petani yang sebelumnya diblokir oleh perusahaan AS itu. Twitter mengambil tindakan awal setelah pemberitahuan pemerintah, tetapi berbalik arah setelah beberapa jam.

Di antara akun yang ditargetkan adalah majalah berita terkemuka dan akun lainnya yang terkait dengan serikat petani.

India menghadapi kritik dari pengawas media atas penangkapan seorang jurnalis yang meliput unjuk rasa dan penyelidikan yang dilakukan terhadap lima orang lainnya – yang dapat menghadapi dakwaan penghasutan.

Di tengah perang kata-kata, pihak berwenang meningkatkan tekanan pada kamp-kamp unjuk rasa, memasang pagar kawat berduri di sekitarnya dan meletakkan paku di jalan yang mengarah ke sana sehingga traktor tidak dapat membawa lebih banyak bantuan.

Tetapi pada kampanye yang dihadiri oleh sekitar 50.000 orang di negara bagian Haryana, pemimpin petani Rakesh Tikait berjanji akan memobilisasi ribuan petani lagi untuk unjuk rasa di Delhi di mana satu hari aksi direncanakan pada Sabtu. (ap/tmz/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2