Waspada
Waspada » Aktor Legendaris Kirk Douglas Meninggal Di Usia 103 Tahun
Hiburan

Aktor Legendaris Kirk Douglas Meninggal Di Usia 103 Tahun

Kirk Douglas (kiri) dan anaknya, aktor Michael Douglas. AFP

Kabar duka kembali datang dari industri hiburan dunia. Aktor legendaris sekaligus ikon Hollywood, Kirk Douglas meninggal dunia pada usia 103 tahun. Kabar ini disampaikan oleh anaknya, Michael Douglas.

“Dengan kesedihan mendalam, saya dan saudara-saudara saya mengumumkan bahwa Kirk Douglas meninggalkan kami hari ini di usia 103 tahun,” tulis Michael di akun Instagram.

Michael menyatakan, Kirk adalah seorang suami, ayah, ayah mertua, kakek, dan kakek buyut yang penuh cinta. Michael juga menulis bahwa warisan Kirk untuk industri film akan terus hidup untuk generasi-generasi berikutnya.

“Kirk menjalani hidupnya dengan baik, dan dia meninggalkan warisan dalam film yang akan bertahan selama beberapa generasi mendatang, dan ia memiliki sejarah sebagai filantropis yang bekerja membantu masyarakat dan membawa perdamaian ke planet ini,”

Di akhir keterangan, Michael mengungkapkan kasih sayang dan kebanggaan terhadap mendiang. “Ayah, saya sangat mencintaimu dan begitu bangga menjadi anakmu,” tulisnya.

Kirk Douglas lahir pada 9 Desember 1916. Ia telah berkarier selama puluhan tahun, tak hanya sebagai aktor, tetapi juga penulis buku. Setidaknya, ada 11 buku yang ia tuntaskan, terakhir adalah Life Could Be Verse: Reflections on Love, Loss, and What Really Matter yang dipublikasikan pada Desember 2014.

Karier akting Kirk dimulai pada 1946 lewat The Strange Love of Martha Ivers. Sejak itu, ia terus memainkan peran demi peran sampai pada 2008, di mana ia tampil dalam film televisi Empire State Building Murders.

Beberapa film yang kerap dianggap sebagai karya-karya terbaik Kirk Douglas antara lain Out of the Past (1947), Champion (1949), Ace in the Hole (1951), Lust for Life (1956), Spartacus (1960), Lonely Are the Brave (1962), sampai Tough Guys (1986).

Kirk telah meraih puluhan penghargaan atas konsistensi berkarier. Ia berada di nomor 17 dalam daftar aktor pria terbaik sepanjang sejarah film Amerika menurut American Film Institute. Pada 1996, Kirk menerima The Academy Honorary Award untuk 50 tahun kekuatan kreatif dan moralitas dalam komunitas film. (cnn/And)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2