Wisata Naiki Perahu Kota Tua Tantom - Waspada

Wisata Naiki Perahu Kota Tua Tantom

  • Bagikan
HILIR sungai Batang Angkola dan Batang Gadis itu sudah menjadi agenda pengembangan kawasan DTW (Daerah Tujuan Wisata) Tahun 2020. Waspada/Syarif Ali Usman Nasution
HILIR sungai Batang Angkola dan Batang Gadis itu sudah menjadi agenda pengembangan kawasan DTW (Daerah Tujuan Wisata) Tahun 2020. Waspada/Syarif Ali Usman Nasution

SUNGAI nan indah cocok dijadikan tempat wisata, yaitu Sungai Batang Angkola menawarkan wisata naiki perahu Kota Tua Tantom di kawasan hilir bersandingan dengan hilir Sungai Batang Gadis dari hulu Kabupaten Mandailing Natal kedua pertemuan sungai ini berjarak sekira 100 meter.

Pemandangan segar nan asri dari kedua hilir sungai ini, nampak juga perbukitan menjadi hal yang menarik dari Lembah sungai ini.

Tempat wisata ini menawarkan spot berupa pertemuan kedua sungai sungai Batang Angkola dari hulu Kabupaten Tapanuli Selatan.

Tempat bernaung saat cahaya matahari memancarkan cahayanya di tepian sungai berjejer pepohonan yang rindang.

Tempat ini sangat cocok buat pengunjung yang hendak upload foto di media sosial.

Tidak hanya hunting foto bagi kawula muda, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan yang seru dan menarik di Sungai ini seperti wisata naiki perahu Kota Tua Tantom.

Aktivitas seperti kamping dan susur sungai, ada juga disediakan perahu mesin oleh warga Desa Kota Tua, Kecamatan Tano Tombangan (Tantom) Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan ini.

Sehingga akan melengkapi akivitas liburan wisatawan di Sungai Batang Angkola dan Batang Gadis ini, seru dan menantang.

Kicauan burung saling bersahutan memecah suasana hutan di sepanjang sungai yang tenang berwarna kelumut-lumutan itu.

Fasilitas disediakan warga Desa Kota Tua, Kec Tantom Angkola, Kab Tapsel ini di sekitar lokasi wisata cukup sederhana dan nyaman untuk yang berkunjung ke tempat ini.

Mulai dari pendopo, hingga tempat makanan ringan juga tersedia di sini.

Tempat wisata ini berjarak sekira 60 km dari Sipirok ibukota Tapanuli Selatan, dari Kota Padangsidimpuan sekira 40 Km.

Pengunjung tidak dimintai biaya khusus, alias gratis.

Umar Lubis, 52, pengunjung dari Padangsidimpuan mengatakan, kedua sungai itu alamnya cukup indah.

“Suasananya cukup indah, apalagi ada perahu untuk menyusuri sungai ,” tuturnya baru-baru ini.

Di lain tempat, Kepala Dinas Pariwisata Tapanuli Selatan, Abdul Saftar Harahap MM diwakili Ir Saiful Bahri Siregar (Kasi Pengembangan dan Pengelolaan Obyek Wisata), Kasi Pembinaan Kesenian dan hiburan umum, Madalun Harahap kepada waspada di ruang kantornya di Sipirok, Jumat (14/2) menuturkan obyek wisata di hilir sungai Batang Angkola itu sudah masuk daftar pengembangan.

“Hilir sungai Batang Angkola dan Batang Gadis itu sudah menjadi agenda pengembangan kawasan DTW (Daerah Tujuan Wisata) Tahun 2020 ini, kita akui alamnya begitu mempesona,” ujar Madalun. Ahmad Cerem Meha

  • Bagikan