Waspada
Waspada » WHO Puji Pelaksanaan Ibadah Haji 2021, Jamaah Bersiap Lempar Jumroh
Headlines Internasional

WHO Puji Pelaksanaan Ibadah Haji 2021, Jamaah Bersiap Lempar Jumroh

Para jamaah haji selesai bermalam di Muzdalifah dan pada Selasa (20/7/2021) secara bertahap bergerak menuju lokasi lempar jumrah. Haramain Info

MAKKAH, Arab Saudi (Waspada): Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia, Tedros Adhanom Ghebreyesus memuji upaya Arab Saudi dalam menyelenggarakan haji tahun ini, di tengah tindakan pencegahan virus corona yang ketat. WHO menilai, langkah-langkah yang dilakukan Arab Saudi patut dicontoh negara-negara yang ingin kembali normal.

“Langkah-langkah yang diambil oleh Arab Saudi selama haji telah menjadi contoh bagi negara-negara yang ingin kembali ke kehidupan normal dan beradaptasi dengan kondisi di bawah virus,” kata Tedros melalui akun Twitternya, dilansir dari Saudi Gazette pada Selasa (20/7/2021).

https://twitter.com/HaramainInfo/status/1417370225574514689

Tedros juga menyambut baik persiapan dan perencanaan yang telah dilakukan Arab Saudi untuk menjamin keselamatan dan kesehatan jamaah haji tahun ini.

“Ketika umat beriman berkumpul untuk melakukan haji tahun ini, kami menyambut baik perencanaan kesehatan masyarakat dan langkah-langkah yang telah diambil Arab Saudi untuk memastikan keselamatan jemaah dan komunitas mereka selama pandemi Covid-19,” kata Tedros.

Pada Selasa, para jamaah haji selesai bermalam di Muzdalifah dan kini secara bertahap bergerak menuju lokasi lempar jumrah. Selama di Muzdalifah, masing-masing jamaah diberi tanda posisi berupa kasur lipat untuk alas tidur. Antar jamaah juga diberi jarak sekiranya 2 meter.

Setelah melaksanakan lempar jumrah, jamaah haji dijadwalkan kembali ke Makkah untuk melaksanakan Tawaf Ifadah. Sementara Tawaf Wada direncanakan berjalan sehari setelahnya, pada 22 Juli.

Sejauh ini, Konsul Jenderal RI Jeddah, Eko Hartono menyebut jumlah warga negara Indonesia yang melakukan haji jumlahnya bertambah dari semula 327 orang. Diperkirakan ada 400 ekspatriat yang mendapat izin haji, berdasarkan informasi yang mereka dapatkan.

Arab Saudi melaksanaan ibadah haji di tengah Pandemi Covid-19 untuk kedua kalinya. Pada tahun kedua Covid-19 ini, Saudi hanya memberikan izin kepada 60.000 penduduk yang telah divaksinasi penuh, yang dapat melakukan ritual haji. (Saudi gazette/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2