Waspada, Penipu Incar Kepsek Dengan Mencatut Nama Camat

  • Bagikan

 

PALAS (Waspada): Kepala Sekolah di Kabupaten Padanglawas (Palas) diminta Waspada atas penipuan berdalih bantuan sosial dengan mencatut nama pejabat melalui percakapan WhatsApp.

Camat Barumun As’ad Nasution, menyampaikan hal itu kepada Waspada, Jumat (28/5) menanggapi pertanyaan sejumlah Kepsek yang mengaku menerima pesan dari camat telah memproleh bantuan.

Katanya, hal itu ia ketahui atas kedatangan beberapa Kepsek ke kediamannya maupun melalui seluler untuk memperjelas bantuan yang dimaksud dalam percakapan WhatsApp yang di terima para Kepsek.

Upaya penipuan itu, menggunakan akun WhatsApp nama dan foto profil camat Barumun dengan nomor seluler yang bukan miliknya.

“Kepsek diminta Waspada, jangan meladeni dan sempat terkecoh atas upaya penipuan yang mengatasnamakan pejabat utamanya Camat Barumun,” tegasnya.

Seorang Kepsek yang meminta identitasnya tidak dipublikasikan, menyatakan hampir merugi jutaan rupiah karena telah meladeni percakapan itu.

Dimana, penipu awalnya menyatakan sekolah yang di pimpin-ya mendapat bantuan sosial Rp.9.500.000 dan meminta no rekening miliknya agar bantuan tersebut dikirimkan dan dana nantinya sebahagian atau Rp.2.500.000 dikirimkan kembali untuk donasi sebuah yayasan.

Tidak berselang waktu lama, penipu mengirimkan bukti transfer dengan nama pengirim Camat Barumun serta tanggal dan waktu yang meyakinkan. Kemudian, ia diminta kembali agar mengirimkan segera saat itu juga dana untuk donasi tersebut.

Beruntung tabungan bank miliknya itu tidak mempunya ATM. Sebab, ia telah menyanggupi dan meminta dana tersebut ia kirimkan pada hari Senin atau saat bank beroperasi.

Saat mendapati jawaban itu, oknum penipu itu seolah marah dan yang mulai membuatnya curiga. Kemudian mempertanyakan langsung kepada camat atas kebenaran bantuan sosial itu.

Atas peristiwa tersebut, ia berpesan kepada seluruh masyarakat untuk tidak meladeni percakapan-percakapan demikian. Sebab, bila benar ada bantuan pasti melalui prosedur dan adanya beberapa berkas yang harus dilengkapi untuk memproleh bantuan. (cms)

Secren shoot Perrcakapan dan bukti transfer palsu yang diterima salah satu Kepsek

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *