Warga Sergai Positif Covid-19 Bertambah Dua Orang - Waspada

Warga Sergai Positif Covid-19 Bertambah Dua Orang

  • Bagikan
JUBIR Gustu Covid-19 Sergai Drs H Akmal AP Waspada/Edi Saputra
JUBIR Gustu Covid-19 Sergai Drs H Akmal AP Waspada/Edi Saputra

SEIRAMPAH (Waspada): Warga Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang positif Corona Virus Disease (Covid-19) kembali bertambah dua orang, sehingga total positif Covid-19 di Sergai 22 orang.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas (Gustu) Drs H Akmal, AP, MSi (foto) kepada sejumlah Wartawan di Posko Gugus Tugas di rumah Dinas Bupati di Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Senin (13/7) menyampaikan jika korban terbaru kali ini berjumlah satu orang dan merupakan warga asal Kecamatan Sei Bamban, sebelumnya satu orang warga Kecamatan Tebing Syahbandar juga dinyatakan positif Covid-19.

Menurut Jubir, informasi dari Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sergai, dr Bulan Simanungkalit, MKes, jika korban inisial YML, pria berusia 23 tahun asal Kecamatan Sei Bamban, sedangkan warga Kecamatan Tebing Syahbandar berinisial RW, wanita usia 50 tahun yang bekerja sebagai karyawan pada salah satu wisma atau penginapan di Kabupaten Batubara.

“YML sudah mengalami demam sejak 3 bulan yang lalu dan menjalani pengobatan di beberapa bidan setempat,lalu pada 21 Juni YML dibawa Ibunya ke kediaman tantenya di Medan. 22 Juni YML kemudian menjalani pemeriksaan darah di Laboratorium di Jalan SM Raja dengan hasil demam typoid”, papar Akmal.

Kemudian lanjut Jubir, YML berobat ke Klinik di Medan, oleh pihak klinik korban diberi terapi obat oral untuk 3 hari, hingga obat habis YML masih demam dan lemah, 27 Juni YML kembali kontrol ke Klinik di Medan dan dirawat inap selama satu malam, kemudian pulang ke rumah kekuarganya di Medan.

“Kemudian 9 Juli siang, YML dibawa orang tuanya berobat ke RS Elisabet di Medan dan menjalani opname, serta menjalani PCR test dan 11 Juli YML dinyatakan positif Covid-19 oleh pihak rumah sakit”, terang Akmal.

Sesuai prosedur lanjut Jubir, pihak Dinas melakukan tracking terhadap keluarga hasilnya 6 orang memenuhi kriteria dan akan menjalani Rapid tes, dan ke enamnya masuk ODP yang akan dilantau selama 14 hari kedepan.

Untuk RW warga Kecamatan Tabing Syahbandar sebut Jubir, Tim Gugus Tugas yang terdiri dari Dinkes Sergai dan Puskesmas Tebing Syahbandar didampingi oleh Camat, Kepala Desa, Babinsa dan Babin Kamtibmas turun ke rumah RW untuk melakukan pengambilan sampel swab terhadap korban dan seluruh kontaknya.

Ditambahkan Akmal pada 10 Juli suami RW inisial S ternyata lebih dulu dinyatakan positif Covid-19 disusul kemudian esoknya hasil PCR test korban RW dirilis dan hasilnya juga positif, namun dikarenakan suami korban beralamatkan di Kota Tebingtinggi maka tidak masuk dalam peta sebaran Covid-19 Kabupaten Sergai.

“Saat ini korban dalam proses rujukan ke rumah sakit untuk mendapat penangan intensif, Dinkes juga langsung melakukan usaha preventif demi mencegah penularan Covid-19 di sekitar lingkungan tersebut dengan cara melakukan desinfeksi berupa penyemprotan cairan desinfektan terhadap rumah dan lingkungan tempat tinggal RW”, lanjut Akmal. (a15)

  • Bagikan