Warga Berhasil Tangkap Buaya Sungai Deli

Warga Berhasil Tangkap Buaya Sungai Deli

  • Bagikan
WARGA berhasil tangkap buaya yang beberapa waktu lalu muncul di aliran Sungai Deli, persis di bawah jembatan Perumahan Medan Resort City (Mercy), Sabtu dini hari (5/9). Waspada/Ist
WARGA berhasil tangkap buaya yang beberapa waktu lalu muncul di aliran Sungai Deli, persis di bawah jembatan Perumahan Medan Resort City (Mercy), Sabtu dini hari (5/9). Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Warga berhasil tangkap buaya yang beberapa waktu lalu muncul di aliran Sungai Deli, persis di bawah jembatan Perumahan Medan Resort City (Mercy), Jl Karya Wisata Medan Johor.

Warga setempat dan berbagai gabungan komunitas berhasil tangkap buaya Sungai Deli tersebut sekitar jembatan perumahan Mercy, Sabtu (5/9) dinihari.

Adapun komunitas itu adalah Laskar Bocah Sungai Deli atau Labosude, Save Our Rivers, Pencinta Reptil, Room ILJ, dan BPBD Deli Serdang.

Dalam video pada media sosal instagram @budilabosude berbunyi ‘Alhamdulillah akhirnya ketangkap juga’ yang posting 10 jam yang lalu saat berita ini diturunkan.

‘’Kami berusaha untuk melakukan penangkapan sejak empat hari yang lalu,’’ ujar Budi, perwakilan dari Labosude, Sabtu (5/9).

Budi menuturkan, berkali-kali kami tangkap, namun gagal hingga akhirnya buaya muncul lagi pada bagian bawah ranting bambu. ‘’Saat itu kami berhasil menangkapnya,’’ ucap Budi.

Berdasarkan keterangan warga, penemuan buaya ini lebih dari satu. Warga sempat melihat buaya muncul beriringan dengan anaknya.

‘’Kami tangkap ini anaknya. Masih ada buaya lain,’’ cetus Budi yang bersama tim merencanakan akan terus melakukan pencarian, tetapi tentu butuh peralatan yang memadai.

Budi menceritakan kalau penemuan buaya ini, merupakan pengalaman ketiganya.

Penemuan pertama sekitar 2016 silam dan yang kedua 2018. Budi warga bantaran Sungai Deli itu menambahkan bahwa keberadaan buaya Sungai Deli bukanlah hal yang wajar.

‘’Ini jadi pertanyaan juga, karena saya dari kecil tinggal dekat Sungai Deli, tapi enggak pernah bertemu dengan buaya. Mungkin sengaja ada yang melepaskan reptil itu,’’ jelasnya.

Sangat Jarang

Kemunculan buaya tersebut beberapa kali terlihat oleh warga hingga menghebohkan media sosial.

Warga yang tinggal pada kawasan Sungai Deli, Yunan menuturkan bahwa setelah beberapa kali melihat, ia menduga buaya lebih dari satu.

Hal ini, katanya lantaran terdapat ciri-ciri yang berbeda.

Dari informasi warga, penampakan buaya Sungai Deli bukan lah hal yang wajar.

Pasalnya, keberadaan buaya sangat jarang terjadi.

“Biasanya enggak pernah ada pada kawasan Sungai Deli,” kata seorang warga yang juga tinggal tepat dekat lokasi penemuan buaya. (m29)

  • Bagikan