Wali Kota Resmi Membuka MTQ Tingkat Kota Medan

  • Bagikan
WALI Kota Medan Bobby Nasution memukul bedug tanda pembukaan MTQ ke-54 tingkat Kota Medan. Waspada/ME Ginting
WALI Kota Medan Bobby Nasution memukul bedug tanda pembukaan MTQ ke-54 tingkat Kota Medan. Waspada/ME Ginting

MEDAN (Waspada): Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-54 tingkat Kota Medan tahun 2021 di Gedung Madinatul Hujjaj Asrama Haji Jalan AH Nasution Medan, Selasa (16/3).

Festival pemuliaan Alquran ini berlangsung selama sepekan, mulai 16-23 Maret di dua lokasi yakni  Madinatul Hujjaj Asrama Haji Medan dan Yayasan Perguruan Al Azhar Jalan Pintu Air IV Medan.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wali Kota Medan didampingi sejumlah pimpinan unsur Forum Koordinasi Pimpinan daerah (Forkopimda) Kota Medan.

Dilanjutkan dengan pembacaan Alquran oleh Azro’i Hasibuan. Seterusnya pembacaan doa dan dan peletakan pataka bendera Merah Putih dan bendera MTQ oleh Paskibraka SMA Al-Azhar diiringi lagu mars MTQ.

Pelaksanaan MTQ kali ini diikuti sebanyak 558 peserta yang merupakan utusan dari kecamatan se Kota Medan, Madrasah Aliyah Negeri dan swasta dengan total 8 cabang yang dimusabaqahkan.

Yakni cabang Seni  Baca Alquran, cabang Hafalan Alquran dan Tafsir Alquran, cabang Fahm Alquran, cabang Syarh Alquran, cabang Seni Kaligrafi Alquran, cabag Qira’at dan Tartilul Alquran, cabang Karya Tulis Ilmiah Alquran (KTIQ) dan cabang Musabaqah Hadis Nabi.

Selain unsur Forkopimda, acara juga turut dihadiri Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu, Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman beserta istri Shaula Arindianti, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Medan Ismiralda, pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan dan camat se-Kota Medan.

Memahami Isi Dan Kandungan

Bobby berharap, momentum MTQ tidak hanya sekedar meningkatkan kemampuan membaca Alquran, tetapi juga sekaligus mampu memahami isi dan kandungannya.

Dengan harapan, setiap makna yang terkandung dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari guna mencapai keberkahan dari Allah SWT.

Menantu Presiden RI itu mengatakan, pelaksanaan MTQ tahun ini menjadi MTQ yang berbeda dari tahun-tahun sebelumya.

Sebab, dilakukan secara virtual, mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Sehingga mengharuskan pelaksanaannya sesuai protokol kesehatan.

Namun, masyarakat tetap dapat melihat dan mengikuti jalannya MTQ melalui siaran langsung di Youtube Channel MTQ ke-54 Tingkat Kota Medan tahun 2021 dengan link https://youtu.be/1QQwnQ6b-GI.

“Yang dapat hadir ke lokasi hanya peserta, dewan pengawas dan dewan hakim saja. Sedangkan masyarakat, cukup melihat secara virtual untuk menghindari terjadinya kerumunan,” ujarnya.

Bobby mengungkapkan, meski tidak dapat disaksikan langsung, namun esensi MTQ tahun ini tidak berkurang.

Justru masyarakat dari seluruh dunia bisa menyaksikan MTQ Kota Medan melalui siaran langsung dan ini menjadi tantangan baru bagi qori dan qoriah karena ditonton oleh masyarakat luas sehingga terlihat jelas kualitasnya dan masyarakat dapat menilai langsung.

Sebelumnya, Plt Asisten Pemerintahan dan Sosial (Aspem) Setda Kota Medan Khairul Syahnan dalam laporannya menjelaskan maksud digelarnya MTQ dalam rangka mengembangkan kemampuan membaca Alquran dengan benar dan mampu memahami serta mengimplementasikan nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sesuai dengan tuntunan Alquran.

Usai pembukaan, Wali Kota Medan kemudian menerima piala bergilir MTQ dari Camat Medan Denai selaku juara umum MTQ tingkat Kota Medan tahun 2020. Selanjutnya piala tersebut diserahkan ke panitia untuk diperebutkan kembali. (m26)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *