Waspada
Waspada » Virus Corona Baru Telah Menginfeksi 16 Negara, Salah Satunya Malaysia
Headlines Internasional

Virus Corona Baru Telah Menginfeksi 16 Negara, Salah Satunya Malaysia

Hingga Minggu (27/12/2020) tercatat sudah 16 negara dan wilayah yang melaporkan kasus varian baru virus corona jenis baru. AP

Waspada – Sejak ditemukan pada pertengahan Desember di Inggris dan Afrika Selatan, varian baru virus corona terus meluas penyebarannya.

Hingga Minggu (27/12/2020) tercatat sudah 16 negara dan wilayah yang melaporkan kasus varian baru virus mematikan ini.

Terbaru, Spanyol dan Kanada mengumumkan kasus jenis baru virus corona ini pada Sabtu (26/12/2020). Berikut daftarnya.

1. Inggris

Inggria menjadi negara pertama di Eropa yang melaporkan kasus varian baru virus corona, tepatnya pada Selasa pekan lalu. Untuk mengatasinya, Inggris menerapkan lockdown regional mulai Rabu.

Jenis baru Covid-19 di Inggris ini terdeteksi di 57 lokasi berbeda, dan berdampak pada peningkatan pesat jumlah kasus di wilayah selatan.

2. Afrika Selatan

Varian baru virus corona terdeteksi di Afrika Selatan, yang dapat menjelaskan kenapa gelombang kedua penyebaran dapat menginfeksi orang-orang berusia muda, kata Menteri Kesehatan Zwelini Mkhize pada Jumat (18/12/2020).

Peneliti di Afrika Selatan mengidentifikasi varian baru virus corona ini sebagai 501.V2 Variant, dan rinciannya sudah dikirim ke Badan Kesehatan Dunia (WHO).

3. Filipina

Pusat Genom Filipina mendeteksi adanya strain G614, dengan genotipe asli D614 dalam sebuah sampel kasus positif dalam jumlah kecil di Quezon City. Varian D614 dan G614 telah dideteksi dalam sebuah sampel kecil dari kasus infeksi pada Juni 2020.

4. Malaysia

Jenis G614 yang terdeteksi di awal berubah menjadi G614 saat ini. Sebelumnya, D614G juga terdeteksi di Malaysia pada Agustus 2020.

5. Singapura

Varian baru virus corona masuk ke Singapura melalui seorang pelajar yang pulang ke “Negeri Singa” pada 6 Desember. Sehari kemudian dia demam dan dipastikan positif Covid-19 pada 8 Desember.

6. Australia

Pemerintah Negara Bagian New South Wales (NSW) mengatakan, warga yang pulang dari luar negeri telah membawa virus corona yang bermutasi. “Ada pasangan dari Inggris yang pulang dengan dua virus yang bermutasi ini,” ujar Kerry Chant, Chief Health Officer di NSW.

7. Jerman

Jerman pada Kamis pekan lalu mencatatkan kasus pertama varian baru virus corona. Mutasi virus corona yang sebelumnya melanda Inggris itu, masuk Jerman lewat seorang penumpang wanita yang terbang dari London.

8. Italia

Sepasang pasien yang terinfeksi virus corona dengan strain yang sama seperti yang bermutasi di Inggris, dideteksi pada 21 Desember 2020 menurut laporan Kementerian Kesehatan Italia.

9. Prancis

Kementerian Kesehatan Prancis mengatakan, seorang pria yang baru pulang dari London dites positif terinfeksi varian baru virus corona, seperti yang dilansir dari Reuters pada Sabtu (26/12/2020). Kabar terakhir, pria itu dalam kondisi baik-baik saja, kata pihak kementerian kesehatan.

10. Denmark

Kasus pertama varian baru virus corona ditemukan di Denmark pada 21 Desember 2020.

11. Belanda

Pada 23 Desember 2020, pakar penyakit menular di WHO, Maria van Kerkhove mengonfirmasi jenis baru virus corona ditemukan di Belanda pada 20 Desember 2020.

12. Israel

Kementerian Kesehatan Israel mengatakan, ada 4 kasus varian baru virus corona yang sangat menular pada 23 Desember 2020. Tiga dari empat kasus tersebut berasal dari penumpang yang kembali dari Inggris, sementara kasus keempat masih diselidiki.

13. Spanyol

Sementara itu di Madrid, empat kasus jenis baru virus corona terdeteksi di orang-orang yang baru tiba dari Inggris, atau berkontak dekat dengan pasien strain tersebut.

Ayah, ibu, dan saudara perempuan dari seorang pemuda yang tiba di Madrid dengan pesawat pekan lalu, dinyatakan positif virus corona, ujar pemerintah daerah Madrid.

14. Kanada

Di Kanada terdeteksi dua kasus varian baru virus corona, yang ditemukan di pasangan dari Durham tanpa riwayat perjalanan yang diketahui.

Mereka lalu diisolasi dan pada hari yang sama Ontario langsung lockdown selama 28 hari di selatan dan 14 hari di utara, berhubung kasus Covid-19 juga sedang melonjak di sana.

15. Irlandia Utara

Irlandia Utara mengonfirmasi adanya varian baru virus corona pada 23 Desember. Departemen Kesehatan Irlandia Utara mengatakan, varian baru virus corona itu kemungkinan besar sudah muncul di sana dalam jangka waktu tertentu.

16. Gibraltar

Teritori luar negeri Inggris di Gibraltar, juga telah mengidentifikasi setidaknya satu kasus yang terkait dengan varian baru virus corona. (reuters/afp/ap/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2