Waspada
Waspada » Umrah Tanpa Izin Siap-siap Didenda Rp38 Juta
Headlines Internasional

Umrah Tanpa Izin Siap-siap Didenda Rp38 Juta

Pemerintah Arab Saudi akan memberlakukan denda untuk jamaah yang umrah tanpa izin selama bulan Ramadhan. Hal ini sejalan dengan upaya pencegahan penyebaran virus Corona. Arab News

RIYADH, Arab Saudi (Waspada): Pemerintah Arab Saudi akan memberlakukan denda untuk jamaah yang umrah tanpa izin selama bulan Ramadhan. Hal ini sejalan dengan upaya pencegahan penyebaran virus Corona.

Ini artinya, seluruh jamaah yang ingin menunaikan umrah atau shalat di Masjidil Haram wajib mengantongi izin dari otoritas setempat. Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menyebutkan denda sebesar SR10.000 (Rp38,3 juta).

Dilansir Arab News, Jumat (9/4/2021), denda ini akan dikenakan kepada siapa saja yang melakukan umrah tanpa izin. Kemudian ada lagi denda SR1.000 untuk siapapun yang mencoba memasuki Masjidil Haram tanpa izin.

Otoritas Saudi melihat peraturan ini akan diberlakukan menjelang Ramadhan hingga pandemi berakhir dan kehidupan mulai kembali normal. Arab News melaporkan, pemerintah Saudi meminta peraturan sebagai bentuk upaya pencegahan ini bisa ditaati semua pihak.

Pemerintah mengharapkan pengaturan ibadah umrah dan shalat di Masjidil Haram sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Dengan adanya peraturan ini, personel keamanan juga akan melakukan patroli di jalan, situs hingga jalur menuju masjid suci itu.

Menteri Dalam Negeri Arab Saudi Pangeran Abdul Aziz bin Saud bin Naif menyetujui rencana pengamanan darurat untuk Makkah dan Madinah selama Ramadhan.

Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil, Letnan Jenderal Sulaiman bin Abdullah Al-Amro mengungkapkan pihak keamanan kerap berpatroli di seluruh fasilitas dan lokasi yang sering dikunjungi jemaah umroh dan pengunjung.

Kementerian Haji dan Umrah Saudi menyebut telah meluncurkan aplikasi berbasis data dan kecerdasan buatan untuk umroh dan Tawakkalna. (arab news/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2