Waspada
Waspada » Umat Muslim Diajak Semakin Cintai Alquran 
Headlines

Umat Muslim Diajak Semakin Cintai Alquran 

CAMAT Lubukpakam Kurnia Boloni Sinaga didampingi tokoh masyarakat dan undangan memukul bedug dan ummat muslim diajak cintai Alqur'an pada pembukaan MTQ Pertama tingkat Kecamatan tahun 2020 di Masjid Jami’ Agung Lubukpakam, Sabtu (1/2). Waspada/Khairul K Siregar
CAMAT Lubukpakam Kurnia Boloni Sinaga didampingi tokoh masyarakat dan undangan memukul bedug dan umat muslim diajak cintai Alquran pada pembukaan MTQ Pertama tingkat Kecamatan tahun 2020 di Masjid Jami’ Agung Lubukpakam, Sabtu (1/2). Waspada/Khairul K Siregar

LUBUKPAKAM (Waspada): Ribuan umat muslim Lubukpakam diajak semakin cintai Alquran dengan memeriahkan pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat Kecamatan tahun 2020.

Pembukaan diawali pengukuhan dewan juri dilanjutkan pemukulan bedug oleh Camat Lubukpakam Kurnia Boloni Sinaga di Masjid Jami’ Agung Lubukpakam Sabtu (1/2).

Kegiatan keagamaan itu dihadiri Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi diwakili Kabag Ops Polresta Deliserdang Kompol Bambang Rubiyanto, Ketua PD Alwashliyah Deliserdang DR Chairuddin Siregar, tokoh masyarakat, pimpinan ormas islam dan masyarakat lainnya.

Camat Lubukpakam Kurnia Boloni Sinaga dalam sambutannya mengatakan Alqur’an merupakan sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan yang tidak pernah habis untuk terus digali dan dikaji.

Keluhuran nilai-nilai ajaran Alquran sebagai pedoman dan memberikan pengaruh yang positif bagi masyarakat sehingga perlu terus ditumbuhkembangkan melalui proses pendidikan baik formal maupun non formal termasuk salah satunya melalui MTQ.

Menurut Boloni, kegiatan MTQ ini tujuannya selain sebagai wahana memacu pengembangan tilawah, hafalan dan pendalaman isi Alquran sekaligus menjadi tolak ukur dinamika aktifitas pembinaan baca Alquran di tengah masyarakat.

“Kegiatan ini sesungguhnya bukanlah semata-mata bertujuan untuk menunjukkan seseorang itu pintar dan fasih membaca, akan tetapi lebih dari itu adalah menghayati, mendalami, mengamalkan serta mendorong setiap insan untuk semakin mencintai Alquran sebagai pegangan hidupnya. Kegiatan ini akan menjadi agenda pemerintah secara berkesinambungan di Kabupaten Deliserdang khususnya di Kecamatan Lubukpakam sekaligus dalam rangka mewujudkan visi misi Pemkab Deliserdang dibawah kepemimpinan Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan bersama Wabup HM Ali Yusuf Siregar yakni Deliserdang yang maju, sejahtera, religius dan rukun dalam kebhinekaan,” kata Kurnia Boloni Sinaga.

Boloni menambahkan kegiatan MTQ ini memiliki pesan menjadikan anak-anak yang belajar di lembaga tahfiz quran untuk mengasah kemampuan yang mereka miliki selama ini sehingga menjadi insan qurani yang bisa membanggakan keluarga.

Oleh karenanya, umat muslim yang ada di daerah ini untuk terus diajak semakin cintai dan mengamalkan ajaran Alquran.

Berlangsung 2 hari

Ketua panitia MTQ Kecamatan Lubukpakam Edi Sundowo dalam laporannya menjelaskan kegiatan yang pertama kali digelar Kecamatan ini akan berlangsung selama 2 hari yakni 1 s/d 2 Februari 2020 dengan jumlah peserta sebanyak 280 orang berasal dari 6 Desa dan 7 Kelurahan se Kecamatan Lubukpakam.

Adapun cabang yang diperlombakan masing-masing Tahfiz tingkat anak-anak, remaja dan dewasa, cabang Syarhil, Fahmil, kaligrafi, volksong religi, dan marhaban.

Para pemenang lomba dalam kegiatan ini nantinya akan menjadi perwakilan Kecamatan Lubukpakam untuk mengikuti MTQN tingkat Kabupaten Deliserdang yang akan dilaksanakan di Kecamatan Pagar Merbau pada 24 Februari 2020 mendatang.

Usai membuka MTQ Camat Lubukpakam Kurnia Boloni Sinaga bersama dewan juri dan pihak panitia meninjau stand bazar yang diikuti beberapa perusahaan dalam rangka mendukung dan mensukseskan kegiatan di pelataran masjid.

Sebelumnya, peserta MTQ terdiri barisan pelajar, kelompok pengajian, dan perwakilan beberapa etnis mengikuti pawai ta’ruf mengelilingi Kota Lubukpakam yang dilepas oleh Staf ahli Bupati H Jentralim Purba di depan Lapangan Segitiga Taman Makam Pahlawan Lubukpakam. (crul)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2