Waspada
Waspada » UINSU Alihkan Perkuliahan Tatap Muka ke Model Kuliah Online
Headlines Medan Pendidikan

UINSU Alihkan Perkuliahan Tatap Muka ke Model Kuliah Online

MEDAN (Waspada): Dalam rangka menindaklanjuti amanat Presiden Republik Indonesia dan menterjemahkan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN dalam pencegahan Penyebaran COVID-19, kemudian SE Menteri Agama RI NO Nomor 02 Tahun 2020 tentang Penyesuaian jam kerja pegawai dalam upaya pencegahan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Rektor UINSU TGS, Prof Dr K H Saidurrahman, M Ag, telah menerbitkan Surat Edaran Nomor: B 06/Un 11 R/B I 3 c/KS 02/03/2020 Tentang Kebijakan Akademik dan Non Akademik Terkait Pencegaha Penyebaran COVID-19 di lingkungan UINSU.

Di dalam surat edaran tersebut telah ditetapkan beberapa point yang berkenaan dengan kebijakan yang telah diambil. Adapun kebijakan dimaksud adalah, Pertama, Sejak tanggal 18 s/d 31 Maret 2020 Sistem belajar mengajar di kampus UIN SU Medan menggunakan sistem e-learning dan digitalisasi.

Aplikasi yang direkomendasikan untuk melaksanakan e-learning. E-learning bisa juga dilakukan dengan aplikasi lain seperti WA, Email, telegram, dan video conference.

Seluruh pelayanan akademik dilakukan secara digital berbasis paperless office (PLO). Selanjutnya, Perkuliahan e-learning dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan di fakultas/ pascasarjana.

Tidak kalah pentingnya, Kegiatan akademik di luar perkuliahan seperti praktikum, seminar proposal, sidang komprehensif, sidang munaqasyah, sidang tesis, sidang promosi, Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktik Belajar Lapangan (PBL), Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) atau lainnya ditunda dan akan dijadwalkan ulang.

Adapun berkenaan dengan kegiatan Non Akademik, seluruh kegiatan Mahasiswa, Organisasi Mahasiswa intra dan ekstra kurikuler yang dilaksanakan di dalam kampus UINSU agar ditunda (dijadwal kembali) sampai terbitnya ketentuan yang membolehkannya.

Khusus kepada Mahasantri yang berada di Ma’had juga tidak diperbolehkan melakukan aktivitas apapun di dalam Ma’had.

Mahasantri diminta untuk meninggalkan Ma’had dan mengikuti kegiatan belajar seperti mahasiswa UINSU pada umumnya.

Selanjutnya kepada Aparatur Sipil Negara UINSU diminta tetap hadir dan masuk ke Kantor dan melaksanakan tugas seperti biasanya.

Namun kehadiran ke kampus tetap memperhatikan situasi kondisi yang sedang berkembang dan mematuhi protokol atau imbauan pencegahan penyebaran COVID-19 yang telah dikeluarkan kementerian agama dan Pemerintah Daerah Sumatera Utara dan Kota Medan.

Di samping itu, karena satu dan lain hal, ASN Dosen UINSU dan Tenaga Kependidikan diperkenankan untuk Work From Home (WFH) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kemudian untuk memastikan berjalannya social distancing, UINSU untuk sementara waktu tidak melaksanakan segala bentuk upacara, Apel Pagi dan Senam Kesegaran Jasmani.

Pimpinan UINSU, Dosen dan Mahasiswa diminta untuk menunda atau membatalkan perjalanan dinas dalam negeri terlebih ke Luar Negeri.

Pimpinan UINSU juga karena alasan tertentu (darurat) melaksanakan perjalanan dinas di dalam negeri harus mendapatkan izin Rektor UINSU.

Sivitas akademika UINSU juga diimbau untuk tidak mendatangi tempat-tempat berkumpulnya massa seperi Mall, lapangan, tempat wisata dan lain-lain.

Sedangkan Penerimaan Mahasiswa Baru UINSU Proses penerimaan mahasiswa baru UINSU Tahun Akademik 2020-2021 baik yang menggunakan jalur SNMPTN, SPAN-PTKIN, SBMPTN, UMPTKIN dan UM Mandiri tetap berjalan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Pada saat yang sama, Rektor UINSU juga mengingatkan seluruh keluarga besar UINSU untuk meningkatkan Perilaku Hidup Sehat dan Besih.

Beberapa anjuran Rektor tersebut adalah, (a), Menghimbau kepada segenap civitas akademika dan tenaga kependidikan UINSU untuk berpartisipasi aktif dalam pencegahan COVID-19 yang telah menjadi pandemi/wabah yang sudah mendunia.

(b), Mensosialisasikan kepada civitas UINSU untuk menjaga imunitas/ kekebalan tubuh dan menjalankan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yaitu melakukan cuci tangan menggunakan air dan sabun atau pencuci tangan berbasis alkohol, makan bergizi seimbang dan olahraga yang teratur.

(c), Membersihkan ruangan di lingkungan UINSU dengan menggunakan disinfektan secara menyeluruh dan secara khusus memberikan perhatian untuk kebersihan handel pintu, komputer, meja, keyboard dan fasilitas lain yang sering terpegang oleh tangan.

(d), Tim internal penanganan COVID-19 UINSU yang terdiri dari dokter di lingkungan UINSU memonitor kondisi kesehatan civitas UINSU, jika civitas UINSU diketahui memiliki gejala demam/batuk/pilek/sakit tenggorokan/sesak napas disarankan untuk segera ke fasilitas kesehatan terdekat untuk memeriksakan diri dan melaporkan diri ke tim penanganan COVID-19 UINSU kemudian tim penanganan COVID-19 UINSU akan melakukan kordinasi untuk mengambil tindakan penanganan lebih lanjut ke Rumah Sakit rujukan COVID-19 (Rumah Sakit Adam Malik), hotline UINSU contact dan WA 085270148982 serta telegram.

(e), UINSU menginstruksikan kepada civitas UINSU untuk menghindari kontak fisik langsung (bersalaman, cium tangan, berpelukan, dsb) kepada seluruh civitas UINSU dan menggantikan dengan salam jarak jauh.

Tidak kalah pentingnya, sebagai umat beragama, Rektor mengingatkan untuk Penguatan Keimanan dan Spiritualitas, di antaranya adalah: Pertama, Seluruh civitas akademika UINSU diminta untuk meningkatkan ibadahnya kepada Allah SWT dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kedua, Seluruh civitas akademika UINSU diminta untuk melaksanakan amalan-amalan sunnat, Shalat Sunnat, zikir, shalwat dan berdo’a sesuai dengan sunnah Rasululullah SAW.

Ketiga, Berkenaan dengan tatacara ibadah pada saat merebaknya COVID-19, Sivitas Akademika UINSU diminta untuk memperhatikan ketentuan atau fatwa MUI.

Kepada seluruh Sivitas Akademika UINSU diminta untuk terus memantau informasi yang disediakan UINSU dalam menyikapi perkembangan yang berlaku. (rilis)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2