Waspada
Waspada » UAS Tanamkan Motivasi Belajar
Headlines

UAS Tanamkan Motivasi Belajar

UAS saat disambut tokoh masyarakat, saat Haul ke-79 Tuan Syekh Silau Laut Syekh H. Abdurrahman, di Desa Silau lama, kec Silau Laut, kab Asahan. Waspada/Ist
UAS saat disambut tokoh masyarakat, saat Haul ke-79 Tuan Syekh Silau Laut Syekh H. Abdurrahman, di Desa Silau lama, kec Silau Laut, kab Asahan. Waspada/Ist

KISARAN (Waspada): Ustad Abdul Somad (UAS) menanamkan motivasi belajar, yang terinspirasi dari perjalanan hidup Tuan Syekh Silau Laut, sebagai ulama dalam mendidik masyarakat.

Hal itu disampaikan dalam tausiahnya yang dihadiri ribuan jemaah saat peringatan Haul ke-79 Tuan Syekh Silau Laut Syekh H. Abdurrahman, di Desa Silau Lama, Kec Silau Laut, Kab Asahan, Minggu (23/2) malam.

UAS mengatakan Syekh H.Abdurrahman itu wafat pada 1941, dan dirinya mengikuti Haul Syekh H Abdurrahman, sebanyak tiga kali, pada 1988, 1989, dirinya sebagai pembaca Alquran, dan dihadiri Gubernur Sumut Raja Inal Siregar.

Sekarang 2020 dirinya sebagai penyampai tausiyah.

UAS mengatakan Syekh H. Abdurrahman adalah sumber inspirasi hidupnya, karena kegigihannya tuan guru dalam menuntut ilmu hingga ke Makkah.

“Bagi saya Syekh H. Abdurrahman sumber inspirasi hidup dan penyambung doa,” jelasnya.

UAS yang mendapat gelar Prof tamu di Brunei Darussalam, mengatakan banyak manfaat yang bisa diambil, salah satunya adalah motivasi belajar, karena perjalanan hidup Syekh H. Abdurrahman dalam menuntut ilmu, seperti perjuangan belajar di Mekkah dengan menggunakan kapal kayu.

“Pada jaman itu pergi ke Mekkah menggunakan perahu layar, perlu waktu cukup lama sampai ke sana, tapi semangat belajarnya tinggi, tekun dalam menimba ilmu dan menyebarkan ke wilayah Silau,” jelas UAS.

UAS mengatakan, pada masa itu jauh berbeda dengan saat sekarang, tentunya semangat belajar harus lebih tinggi, ditambah dengan sarana dan prasarana cukup memadai.

“Masalah sekarang ini, kebanyakan generasi muda itu kehilangan tokoh, dan yang timbul sekarang banyak penipu,” jelas UAS.

Selain itu, UAS juga mengatakan bahwa haul ini sebagai ajang silaturahmi dan saling mengenal satu sama lain, dalam memupuk rasa persaudaraan.

“Kita harus bisa menjaga tali silaturahmi, dan saling mengenal satu sama lain, sehingga bisa memupuk rasa persatuan antara kita,” jelas UAS.

Ditambah lagi dari perjalanan hidup Syekh H. Abdurrahman, yang bisa kita ambil adalah semangat dalam beribadah kepada Allah, karena kalau kita beribadah dan membela agama Allah, dunia dan isinya akan mengejar kita.

“Saya harap setelah acara haul ini oleh-oleh yang bisa kita bawa pulang adalah semangat dalam beribadah, yang bisa tanamkan dalam diri dan keluarga,” jelas UAS. (a15/a31)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2