Tujuh Pejabat Eselon II Aceh Utara Dijob Fit - Waspada
banner 325x300

Tujuh Pejabat Eselon II Aceh Utara Dijob Fit

  • Bagikan
TIM pansel job fit sedang menguji satu dari tujuh pejabat tinggi pratama di Lingkungan Pemda Aceh Utara, Selasa (14/9) pagi di op Room Kantor Bupati Aceh Utara, Landeng, Lhoksukon. Waspada/Maimun Asnawi
TIM pansel job fit sedang menguji satu dari tujuh pejabat tinggi pratama di Lingkungan Pemda Aceh Utara, Selasa (14/9) pagi di op Room Kantor Bupati Aceh Utara, Landeng, Lhoksukon. Waspada/Maimun Asnawi

ACEH UTARA (Waspada): Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Selasa (14/9) melaksanakan job fit terhadap tujuh pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah kabupaten itu. Kegiatan uji kompetensi itu berlangung di Op Room Kantor Bupati Aceh Utara di Landeng, Lhoksukon.

Tujuh pejabat eselon II yang dijob fit itu adalah Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, T Safwansyah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Fahruradhi, Kepala Dinas Penanaman Modal Trasmigrasi dan Ketenagakerja, Halidi, Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Lilis.

Selanjutnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Iskandar, Sekretaris Dewan (Sekwan), Nyak Tiari, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Saifullah.

“Uji kompetensi ini dilakukan untuk menilai kinerja dan kecocokan seorang pejabat tinggi pratama pada suatu jabatan. Ke tujuh pejabat eselon II itu lebih cocok ditempatkan pada dinas apa. Ini hanya rotasi jabatan saja juga upaya pemerintah dalam melakukan penyegaran sekaligus untuk mengetahui kinerja terhadap pejabat yang dijob fit tersebut,” kata Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf saat diwawancarai Waspada, kemarin.

Sekretariat Pansel Job Fit, Syarifuddin saat ditanyai Waspada menjelaskan, ke tujuh pejabat tinggi pratama itu diuji oleh panitia seleksi terdiri dari tiga unsur eksternal dan dua unsur internal. Untuk unsur eksternal terbagi dua yaitu dua dari unsur profesional dan satu dari akademisi.

“Mantan Sekda Aceh Utara, Abdul Aziz dan Mantan Kepala Dinas Perikanan, Mursyid mereka merupakan dari unsur profesional. Sedangkan Rizal Syahyadi (Didi) unsur akademisi. Didi merupakan Direktur Politeknik Negeri Lhokseumawe. Sedangkan yang dari unsur internal adalah Sekda Aceh Utara, Dr A Murtala dan Asisten III, Adami,” terang Kepala BKPSDM, Syarifuddin yang bertugas sebagai Sekretariat dalam kegiatan uji kompetensi tersebut.

Masih menurut Syarifuddin, Ketua Tim Pansel itu adalah Sekda Aceh Utara, Dr A Murtala yang merangkap sebagai anggota. Pansel uji kompetensi ini bekerja sesuai dengan SK Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib.

Ditanya apa saja yang dinilai oleh Tim Pansel terhadap ke tujuh pejabat tinggi pratama yang dijob fit itu, Syarifuddin menyebutkan. “Uji kompetensi ini adalah menguji kemampuan si pejabat tersebut terhadap pelaksanaan tugas pada posisi jabatan yang sedang diduduki saat ini. Tugas penguji itu sama semuanya, walaupun ada pertanyaan yang menyangkut dengan Tupoksi, kinerja dan lain sebagainya,” urai Sekretariat Pansel, Syarifuddin.

Kegiatan job fit tersebut, kata Syarifuddin dilaksanakan satu hari penuh. Kemudian hasil seleksi tersebut dikirim pihaknya kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta. Untuk proses tersebut menghabiskan waktu seminggu.

Ditanya mengapa hasil seleksi harus dikirim kepada KASN, Syarifuddin menjawab, KASN itu merupakan lembaga yang mengawasi pelaksanaan daripada job fit tadi, karena sebelum job fit dilakukan, Pansel harus lebih dulu mengantogi izin dari KASN .

“Panitia seleksi mengirimkan hasil job fit kepada bupati. Dari hasil seleksi itu bupati melihat kemana yang lebih cocok atau lebih pantas pejabat tersebut ditetapkan dalam jabatan. Setelah ada penetapan dari bupati, Pansel mengirimkan berkas tersebut kepada KASN. Kemudian, KASN melihat lagi apakah sudah transparan dan sebagainya. Jika sudah sesuai maka KASN menyetujui untuk dilakukan pelantikan,” demikian Syarifuddin.

Terakhir, Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf kepada Waspada mengatakan, pelantikan terhadap tujuh pejabat yang dijob fit tadi akan dilaksanakan pada akhir bulan ini. “Bisa jadi ada pejabat yang dijob fit dipertahankan pada posisi yang sedang diduduki,” katanya. (b07)

  • Bagikan