Waspada
Waspada » TMMD Kodim 0117/Aceh Tamiang Stabilisasi Lereng Bukit Sudah 70% Dikerjakan
Aceh Headlines

TMMD Kodim 0117/Aceh Tamiang Stabilisasi Lereng Bukit Sudah 70% Dikerjakan

PEMBANGUNAN Stabilasi Lereng Bukit sepanjang 41 Meter X 7 Meter sudah rampung 70%, Pengerasan jalan sepanjang 3.100 Meter x 6 Meter sudah selesai 25%, Minggu (5/7) sore. Waspada/Muhammad Hanafiah
PEMBANGUNAN Stabilasi Lereng Bukit sepanjang 41 Meter X 7 Meter sudah rampung 70%, Pengerasan jalan sepanjang 3.100 Meter x 6 Meter sudah selesai 25%, Minggu (5/7) sore. Waspada/Muhammad Hanafiah

KUALASIMPANG (Waspada): Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-108 Kodim 0117/Aceh Tamiang memperkuat badan jalan pekerjaan infrastruktur stabilisasi lereng bukit sepanjang 41 Meter dan tinggi 7 Meter sudah mencapai 70% dan Pengersan jalan sudah tampak rampung sebesar 25% di Dusun Sejahtera, Kampung Seumadam, Kecamatan Kejuruan Muda akses jalan menuju ke Kampung Rimba Sawang Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang, Minggu (5/7) Sore.

Demikian hasil pantauan Waspada di lokasi pengerjaan lereng bukit dan Pengerasan jalan sepanjang 3.100 Meter x 6 Meter sudah selesai 25% serta data dihimpun dari Posko TMMD di Dusun Sejahtera, Kampung Seumadam, Minggu (5/7) Sore.

Dansatgas TMMD Aceh Tamiang Letkol Inf Deki Rayusyah Putra, SSos MI Pol yang juga Dandim 0117/Aceh Tamiang menjelaskan kepada Waspada, Minggu (5/7), pekerjaan Infrastruktur stabilisasi lereng bukit untuk memperkuat badan jalan yang sedang dibangun pada titik yang rawan longsor, dan pembangunan nantinya jika sudah selesai dikerjakan dapat dimanfaatkan hasilnya bagi penduduk setempat.

“Pekerjaan infrastruktur stabilisasi lereng bukit merupakan termasuk sasaran pokok penting Infrastruktur jalan akses dua Desa dalam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 108 Kodim 0117/Aceh Tamiang. Pembuatan stabilisasi lereng bukit untuk menahan salah satu di titik jalan 900 Meter dari Dusun Sejahtera Kampung Seumadam-Kampung Rimba Sawang untuk membuka isolasi daerah jalan tembus dalam rangka memperlancar arus transportasi yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tutur Dandim.

Menurut Deki, dengan pelaksanaan pembangunan masih terus dikerjakan Satgas TMMD bersama segenap komponen masyarakat yang berada di lokasi untuk memperkuat badan jalan yang sedang dibangun pada titik yang rawan longsor, dan pembangunan tersebut sudah dan dapat dimanfaatkan hasilnya bagi penduduk setempat.

Deki menegaskan, stabilisasi lereng bukit merupakan akses penghubung jalan yang baru dibuat dalam TMMD.

Pengerjaan pembukaan jalan dan Anggota satgas bersama Warga masih terus bekerja.

Menurut Deki, program TMMD di Aceh Tamiang ditujukan untuk daerah yang terisolir, terpencil, dan kurang sejahtera sehingga kita harapkan kesejahteraan masyarakat meningkat dan pembuatan jalan baru dan pembentukan badan jalan secara kuantitas sudah memasuki tahapan pengerasan jalan.

Sejumlah warga Dusun Sejahtera, Kampung Seumadam dan warga Kampung Rimba Sawang kepada Waspada, Minggu (5/7) sore mengatakan, masyarakat terbantu dengan adanya TMMD.

Harapannya, dengan mengikuti program TMMD membuat desanya maju dan perekonomian keluarga meningkat atau asap dapur keluarga bisa terus mengepul.

Menurut warga di kawasan Kampung itu, selama puluhan tahun masyarakat Kampung Seumadam dan Kampung Rimba Sawang sangat sulit berpergian melalui jalan itu karena badan jalan sempit dan berlumpur serta rawan longsor sehingga arus transportasi tidak lancar.

“Jangankan naik kereta untuk fasilitas jalan saja kita selama ini sulit. Jadi kami sangat berterima kasih kepada TNI,” ujar Abdul Manan, salah seorang warga Kampung Seumadam kepada Waspada, Minggu (5/7) sore.

Sementara itu data yang dihimpun Waspada di Posko TMMD yang dikordinir oleh Serda Effi Nurohman dan Sertu Nizamuddin serta sejumlah anggota TNI lainnya dari Kodim 0117/Aceh Tamiang, Minggu (5/7) Sore, memaparkan progres kinerja sampai H+5 terkait program fisik dan Non fisik TMMD sebagai berikut Pengerasan jalan sepanjang 3.100 Meter x 6 Meter sudah selesai 25%, Pembangunan Stabilasi Lereng Bukit sepanjang 41 Meter x 7 Meter sudah rampung 70%, Perawatan Jembatan 3 unit sudah mencapai 16,6%, Pengrehaban Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 2 unit sudah mencapai 25%.

Sedangkan pembangunan Gorong-gorong 4 unit dan Pengecatan Masjid nanti akan dikerjakan juga program tersebut.

Sedangkan untuk kegiatan Non Fisik TMMD yang sudah selesai 100% dilaksanakan adalah Penyuluhan Kesehatan dan KB Kesehatan, nanti akan dilaksanakan juga penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Narkoba dan Penyuluhan Pertanian.

Data yang dimpun Waspada dari posko kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-108 Kodim 0117/Aceh Tamiang Tahun 2020 yang berlangsung di Dusun Sejahtera, Kampung Seumadam, Kecamatan Kejuruan Muda-Kampung Rimba Sawang, Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang yang dilaksanakan mulai 30 Juni-29 Juli 2020 meliputi program sasaran fisik dan non fisik diharapkan selesai sesuai jadwal yang telah direncanakan pihaknya dan bermanfaat untuk masyarakat.

Kegiatan ini melibatkan 150 orang Satgas TMMD, TNI AD 135 orang, Polri 10 orang, dari Pemda 5 orang dan masyarakat setempat sebanyak 30 orang. (b14)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2