Waspada
Waspada » Timnas Belum Komplet Latihan Perdana
Headlines Olahraga

Timnas Belum Komplet Latihan Perdana

SEJUMLAH pemain Timnas Indonesia Senior berlari saat mengikuti latihan di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (7/8). Antara

JAKARTA (Waspada): Latihan perdana Timnas Indonesia di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (7/8) tak komplet di tengah isu pemain yang positif virus corona (Covid-19).

Dari 29 pemain Timnas Senior yang dipanggil hanya 24 di antaranya yang mengikuti latihan bersama Shin Tae-yong. Lima di antaranya masih absen.

Ilija Spasojevic memang belum hadir di Jakarta dengan alasan kesehatan sang anak yang baru saja mengalami patah tangan. Gelandang Madura United, Zulfiandi juga belum hadir ke Jakarta akibat cedera yang dialaminya.

Begitu juga dengan gelandang Persija, Osvaldo Haay yang saat ini diketahui masih berada di Jayapura, Papua dengan alasan yang belum dapat dipastikan.

Hanya dua pemain yang dipanggil dan diketahui sudah tiba di Jakarta tapi tidak ikut di TC perdana Timnas Indonesia. Keduanya adalah penggawa PSM Makassar, Muhammad Arfan dan Asnawi Mangkualam Bahar.

Arfan yang dihubungi untuk dimintai konfirmasi melalui pesan singkat menampik disebut jadi pemain yang positif Covid-19.

Sedangkan dari 46 pemain Timnas U-19 yang dipanggil TC, hanya 37 di antaranya yang hadir latihan. Sembilan pemain lainnya tidak hadir, termasuk Amiruddin Bagas Kaffa.

Pemain yang dipanggil PSSI untuk mengikuti TC Timnas Indonesia sudah berkumpul di Hotel Fairmont sejak 23 Juli lalu. Pasca-kedatangan, mereka sudah menjalani sekali rapid tes dan tiga kali swab tes.

Namun, PSSI menunda latihan sebanyak dua kali dari seharusnya digelar 25 Juli. Kemudian ditunda ke 1 Agustus dan ditunda kembali ke Jumat (7/8).

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengklarifikasi soal para pemain yang absen terkait rumor Covid-19. Pemain belum sepenuhnya bergabung karena masa karantina 14 hari tersebut bervariasi di antara pemain.

“Ini memang 14 hari masa karantina, memang protokol kesehatan demikian. Protokol kesehatan dilakukan. Ada pemain yang baru datang, ada yang belum datang juga malah.”

“Jadi sekarang 14 hari akhirnya kita lakukan persis hari ini mulai latihan. Baik (Timnas Senior) maupun U-19. Jadi mulai hari ini Shin Tae-ong akan buat program,” tutur Iriawan.

Protokol Kesehatan

Pantauan di lapangan, latihan perdana memberlakukan protokol kesehatan yang ketat.

Bus pemain mulai tiba di Stadion Madya pukul 15.30 WIB. Pemain Timnas U-19 sampai lebih dulu. Pemain membawa tas ransel dan matras masing-masing.

Pemain yang menggunakan masker secara bergiliran turun dari bus satu per satu. Sebelum masuk ke lapangan, para pemain mengusapkan cairan pembersih tangan yang diberikan oleh ofisial yang sudah tiba lebih dulu. Selain itu ofisial juga mengukur suhu tubuh pemain menggunakan thermo gun dan mencatatnya.

Sebanyak 17 pemain Timnas U-19 yang menggunakan jersey latihan bewarna biru dan celana hitam tiba lebih dulu menggunakan bus Timnas Indonesia. Disusul 20 pemain lain di bus yang berbeda. Sedangkan pemain senior tiba 15 menit kemudian dengan dua bus yang sama.

Setelah empat bus pemain selesai, giliran rombongan tim pelatih yang dibagi menjadi dua kloter. Shin Tae-yong datang lebih dulu bersama penerjemah Jeje menggunakan mobil hitam, kemudian disusul Nova Arianto dan asisten pelatih Korea Selatan lain.

Latihan dimulai sekitar pukul 16.00 WIB dengan pemanasan di atas matras. Kemudian secara bergiliran yang dimulai dari tim senior dipanggil untuk mendengarkan arahan latihan dari Shin Tae-ong.

Kemudian latihan dilanjutkan dengan materi fisik, mulai dari jogging sampai ke peregangan anggota tubuh. Pemain atau ofisial yang ke luar dari lapangan juga kembali diberi hand sanitizers, begitu juga ketika kembali lagi ke lapangan. (m18/cnni)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2