Waspada
Waspada » Tiga Pasien Covid-19 Sembuh
Headlines Nusantara

Tiga Pasien Covid-19 Sembuh

JAKARTA (Waspada): Tiga pasien yang sebelumnya terkonfirmasi positif covid-19 dan sempat dirawat di RSUP Persahabatan, dinyatakan sembuh. Ketiga pasien tersebut adalah pasien 06, pasien 14 dan pasien 19.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit yang sekaligus juru bicara penanganan covid-19 dr. Achmad Yurianto mengatakan, keyakinan ini diperoleh setelah pihaknya berdiskusi dengan tim dokter yang memeriksa dan disaksikan oleh Menteri Kesehatan.

“Ada 3 pasein yang secara klinis sudah membaik, tidak ada keluhan sama sekali. Secara laboratorium dua kali kita lakukan pemeriksaan hasilnya negatif, maka dinyatakan 3 pasien ini sembuh dan tidak dibutuhkan perawatan,” kata Yuri dalam konferensi pers di RSUP Persahabatan, Kamis sore (12/3).

Sebelumnya disebutkan ada 34 pasien Covid-19 yang ada di Indonesia. Seorang WNA meninggal dunia, sementara 3 orang dinyatakan sembuh.

Ditambahkan Yuri, meski dinyatakan sembuh, pasien yang sudah sembuh dibekali pengetahuan tentang self isolated serta edukasi untuk terus menjaga daya tahan tubuhnya dengan baik.

“Kita tetap memberikan edukasi kepada ketiga pasien ini bahwa setelah kembali ke keluarganya tetap harus melakukan pembatasan diri sementara atau self isolated,”imbuhnya.

Selain itu, ketiganya juga diberikan surat rujuk balik yang ditujukkan kepada puskesmas dimana yang bersangkutan tinggal. Tujuannya adalah untuk terus memantau kesehatan pasien meski telah dinyatakan sembuh.

“Ini sebagai bagian dari sistem monitoring apabila nanti dibutuhkan oleh pasien dan apabila ada kepentingan Puskesmas untuk melakukannya,” kata Yuri.

Pihaknya berharap dalam waktu dekat akan menyusul lagi pasien yang sembuh dari covid-19. Pasalnya, sudah ada 2 pasien yang dirawat di RSPI Sulianti Saroso hasil pemeriksaan laboratoriumnya negatif.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, adanya pasien yang sembuh dari corona menjadi kabar baik dan menggembirakan bagi semua orang. Dia mengatakan akan terus mengecek dan memantau perkembangan kesembuhan para pasien Covid-19.

Masyarakat juga dapat langsung menghubungi Hotline Virus Corona 119 ext 9 jika diperlukan. (dianw/B)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2