Tidur Tidak Teratur Sebabkan Anak Kurang Fokus - Waspada

Tidur Tidak Teratur Sebabkan Anak Kurang Fokus

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Dimasa Pandemi banyak anak usia sekolah tidur larut malam.

Ini terlihat disejumlah daerah di kota Medan.

Selain bermain di halaman rumah dan jalanan banyak juga memanfaatkan waktunya bekerja dijalanan dengan membadut.

Ini jelas sangat buruk bagi kualitas kesehatan anak.

“Sesuai usia, anak memiliki jam tidur yang harus dipenuhi untuk pertumbuhan mental dan tubuh yang sehat. Namun, tak sedikit orangtua yang masih bingung jam berapa sebaiknya anak tidur malam,” papar Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang-Pediatri Sosial dr Ika Citra Dewi Tanjung MKed(Ped) SpA(K) (foto) pada Sabtu (27/2) di Medan.

Disebutkan dokter berparas cantik ini, Anak usia sekolah memerlukan waktu tidur 9-11 jam sehingga orangtua ditegaskannya harus mengatur jam tidur anaknya sesuai kebutuhan tidir yang diperlukan anaknya.

“Misalnya A mulai belajar jam 07:30 pagi, tentunya bangun pagi maksimal jam 07:00 pagi. Untuk mendapatkan waktu tidur minimal 9 jam si A harus tidur jam 22:00 wib. Jadwal tidur dan bangun tidur harus konsisten di waktu yang sama setiap hari,” katanya lagi.

Adapun rutinitas yang dilakukan sebelum tidur sebaiknya beraktivitas seperti biasa di siang hari, hindari penggunaan media elektronik 1 jam sebelum tidur.

Kemudian tidur dan bangun di jam yang sama dan hindari aktivitas yang membuat anak tetap terjaga serta kondisikan kamar nyaman dan gunakan lampu tidur.

Sementara itu, ia membeberkan masalah yang timbul bila anak memiliki rutinitas tidur yang buruk yakni anak akan mengalami kesulitan bangun pagi, mengantuk di siang hari dan akan timbul kurang fokus pada anak dalam beraktivitas.

Lanjut dokter yang rutinitasnya di Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU) bahwa akibat kurang tidur juga dapat mengganggu emosi anak sehingga kesulitan dalam hubungan sosial dan yang terpenting belajar anak menjadi terganggu.

Untuk itu dr Ika Citra Dewi Tanjung M Ked(Ped) SpA(K) meminta agar orang tua dapat memperhatikan pola tidur anak di masa Pandemi ini. (cbud)

  • Bagikan