Waspada
Waspada » Tersangka Pengedar Narkoba  Ditembak Mati
Headlines

Tersangka Pengedar Narkoba  Ditembak Mati

KAPOLDA Sumut Irjen Pol..Martuani Sormin menjelaskan pengungkapan peredaran 8,3 Kg sabu-sabu dengan memperlihatkan barang buktinya, Senin (12/10) di RS Bhayangkara. Tersangka pengedar narkoba  itu ditembak mati, karena berusaha menyerang petugas. Waspada/Ist
KAPOLDA Sumut Irjen Pol..Martuani Sormin menjelaskan pengungkapan peredaran 8,3 Kg sabu-sabu dengan memperlihatkan barang buktinya, Senin (12/10) di RS Bhayangkara. Tersangka pengedar narkoba  itu ditembak mati, karena berusaha menyerang petugas. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Salah seorang tersangka pengedar Narkoba ditembak mati Tim Tim Dit Reserse Narko Polda Sumut saat melakukan penangkapan di Jalan AH Nasution, kemarin.

Tersangka pengedar narkoba  ditembak mati karena melakukan perlawanan dan berusaha menyerang petugas saat hendak dilakukan penangkapan.

Tersangka, sebut Kapolda Sumut Irjen Pol. Martuani Sormin, melakukan perlawanan ketika hendak dilakukan penangkapan.

“Saat hendak ditangkap tersangka Masiwan mencoba menyerang petugas dengan senjata api, sehingga diberikan tindakan tegas. Ia tewas saat dalam perjalanan ke RS Bhayangkara,” sebutnya saat konferensi pers kasus itu di RS  Bhayangkara Medan, Senin  (12/10).

Kapolda menjelaskan, dalam pengungkapan kasus itu pihaknya berhasil menggagalkan peredaran 8,3 Kg sabu-sabu jaringan Sumut – Aceh di Kota Medan. Pengungkapan berawal setelah pihaknya mendapat laporan seorang laki-laki membawa sabu-sabu dari Kota Tanjungbalai mengendarai mobil sedan Accord BK 1103 QJ biru menuju Kota Medan, Jumat (9/10).

Selanjutnya dibentuk tim melakukan penyelidikan dengan membagi anggota di titik pemantauan yang diperkirakan akan dilintasi mobil tersebut.

Hasilnya, sekira pukul 23:15, personel melihat sedan Accord BK 1103 QJ melintas di Jalan Sisingamangaraja tidak jauh dari salah satu pool bus. Kemudian petugas memberhentikan laju kendaraan dikemudikan tersangka Aswan alias Aseng.

Namun saat dilakukan penggeledahan tidak ditemukan barang bukti sabu-sabu. Tetapi saat diinterogasi, diketahui bahwa barang bukti itu sudah dibawa dari Kota Tanjungbalai dan telah diserahkan kepada seorang laki-laki mengendarai sepeda motor matic.

“Dari pengakuan tersangka, personel bergerak melakukan pengejaran. Lalu di Jalan AH Nasution, berhasil mengamankan tersangka Masiwan alias Iwan dengan barang bukti sabu-sabu yang dikemas dalam 7 bungkusan besar  teh hijau china,” jelasnya.

Meyerang Petugas

Namun, kata Kapolda, saat itu tersangka berusaha menyerang petugas dengan senjata api, sehingga kemudian diberikan tindak tegas terukur. Akibatnya, pelaku tewas saat dalam perjalanan ke RS Bhayangkara Polda Sumut.

“Personel juga melakukan pengembangan di Kota Tanjungbalai dengan menggeledah rumah tersangka Aswan. Hasilnya didapati barang bukti 1,3 kg sabu,” terangnya.

Kepada tersangka dikenakan Pasal114 ayat (2) subs Pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika “Ancaman hukumannya pidana mati, pidana penjara seumur hidup atau paling singkat penjara 6 tahun dan paling lama 20 tahun,” sebut Kapolda. (m10)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2