Waspada
Waspada » Tenggara Karo Diguncang Gempa Ahli Geologi Sumut Ir. Jonathan I Tarigan : Harus Selalu Waspada
Headlines Sumut

Tenggara Karo Diguncang Gempa Ahli Geologi Sumut Ir. Jonathan I Tarigan : Harus Selalu Waspada

TANAH KARO (Waspada): Tenggara Tanah Karo diguncang gempa bumi dua kali dengan magnitudo 3.6 SR dan 3.4 SR, Rabu (9/9 sekira pukul 80.58 dan pukul 09.04.

Informasi diperoleh Waspada tentang gempa bumi ini dari grup WhatsApp laporan Sinabung, gempa bumi magnitudo 3.6 SR berada pada titik lokasi 2.98 LU, 98.55 BT (15 Km Tenggara Kab. Karo dengan kedalaman 10 Km.
Kekuatan gempa bumi 3.4 SR berlokasi 3.00 LU, 98.50 BT (11 Km Tenggara Kabupaten Karo dengan ke dalaman 10 Km.
Plt. Kepala Pelaksana BPBD Karo Natanaen Perangin-angin SH yang dikonfirmasi melalui telepon selulernya menyebutkan belum mendapat laporan dari warga atas dampak dari kedua peristiwa gempa ini, singkatnya.
Ahli Geologi Sumut Ir. Jonatan I. Tarigan kepada Waspada menyebutkan, kejadian gempa bumi harus selalu diwaspadai, tidak ada manfaatnya dari tidak waspada atau kelalaian.
Gempa bumi berkekuatan 3.7 SR dari ke dalaman dangkal tersebut, tetap harus diwaspadai. Gempabumi biasanya terdiri dari gempa pendahuluan, gempa utama dan gempa susulan.
Namun gempa dangkal dengan kedalaman lebih dangkal dari 10 km bisa mengguncang permukaan bumi sangat kuat seperti gempa bumi yang melanda kota Agadir di Maroko tahun 1961.
Jonathan juga menyebutkan, ada dua sistem patahan yang menjadi sumber gempa bumi di Sumut, sistem patahan Sumatera yang terdiri dari patahan-patahan Renun, Toru, Angkola dan Barumun yang memiliki arah Barat Laut-Tenggara dan sistem patahan yang berarah Utara-Selatan seperti patahan-patahan Tanjung Pura dan Tanjung Morawa. Selain itu ada “megathrust” Nias, jelasnya.(a06)
Waspada/Ist

Peta lokasi gempa bumi dengan ke kuatan 3.4 SR dan 3.6 SR

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2