Waspada
Waspada » Tekad Menang Terus Merah
Headlines Olahraga

Tekad Menang Terus Merah

LFC

LONDON (Waspada): Liverpool menyodok ke tiga besar klasemen Liga Premier, Minggu (Senin WIB), seusai memungkasi tren positif West Ham United dengan kemenangan 3-1 pada matchday 21 di Stadion Olimpiade London.

Striker Mohamed Salah (foto kanan) menjadi bintang kemenangan Si Merah dengan sumbangan dua golnya. Satu gol lainnya disarangkan gelandang Georginio Wijnaldum untuk membuat Liverpool (nilai 40) menyalip Leicester City (39) yang kalah di laga lebih awal.

Menurut Salah, pasukan Merah bertekad menang terus agar dapat mempertahankan mahkota juaranya pada akhir musim nanti. The Reds yang sudah 21 kali bertanding, kini tercecer empat poin di bawah pemimpin klasemen Manchester City yang baru 20 kali mentas.

“Ini kemenangan yang bagus bagi kami setelah bermain tandang kedua berturut-turut. Kami sekarang harus memenangkan setiap pertandingan,” beber bintang Mesir itu melalui Metro, Senin (1/2).

“Musim ini ManCity kesulitan pada awalnya dan kini kami yang sempat kesulitan. Anda hanya perlu terus menang jika ingin benar-benar memenangkan kompetisi seperti Liga Inggris,” tegas Salah.

Setelah bermain tanpa gol sepanjang babak pertama, Liverpool berhasil mendominasi sekaligus menggelontorkan tiga gol di babak kedua. Salah memecahkan kebuntuan menit 57 dan memasukkan gol keduanya menit 68. Wijnaldum membawa Merah makin menjauh dengan golnya menit 84, sedangkan The Hammers hanya membalaskan satu gol lewat Craig Dawson menit 87.

Berkat tambahan dua gol itu, Salah kini kukuh di puncak daftar top skor Liga Premier dengan 15 gol. Dia meninggalkan Son Heung-min dan Harry Kane dengan selisih tiga gol.

“Jujur saja, mereka tim tangguh, mereka menyajikan permainan yang sangat bagus. Saya mencetak beberapa gol melawan mereka, tetapi mereka tetap tim yang tangguh,” jelas Salah.

“Saya tahu ada tanggung jawab besar pada saya dan saya hanya mencoba untuk membantu tim, karena kami juga perlu menang,” tambah mantan winger AS Roma dan Chelsea tersebut.

Dalam laga itu, manajer Jurgen Klopp tidak punya satu pun bek tengah senior menyusul cederanya Joel Matip. Merah mendapat masalah tambahan lantaran Sadio Mane cedera dan bahkan tidak tercantum dalam skuat.

Klopp juga memilih mengistirahatkan Roberto Firmino demi memberi kesempatan bagi Divock Origi serta Xherdan Shaqiri.

Keputusan penting lantas dilakukannya menit 57. Pelatih asal Jerman itu menarik keluar wakil kapten James Milner untuk digantikan Curtis Jones. Pergantian ini sempat diwarnai aksi Milner meminta penjelasan dari sang manajer.

Tapi langkah itu terbukti manjur. Sebab baru beberapa detik merumput, Jones mencatatkan assist ketika umpannya bisa dikendalikan dan diselesaikan sempurna oleh Salah untuk membuka keunggulan The Anfield Gank.

“Di babak kedua kami ingin mengubah skema serangan dengan membuat Millie bermain lebih dalam, seperti gelandang poros ganda bersama Gini (Wijnaldum) dan Thiago (Alcantara) lebih ke depan,” kata Klopp.

“Rencananya jelas, dia akan ditarik keluar menunggu Curtis selesai pemanasan. Namun sepertinya poin itu tidak tersampaikan lengkap, karena Millie kerap melakukan lari jarak panjang sehingga saya khawatir dan lebih cepat menariknya keluar,” tambahnya.

Pergantian Milner hanya satu dari tiga pergantian pemain Klopp yang mujarab. Firmino dan Alex Oxlade-Chamberlain yang juga turun dari bangku cadangan belakangan berkolaborasi untuk merancang gol ketiga Reds yang dicetak Wijnaldum. (m08/rtr/espn)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2