Waspada
Waspada » Tekad Lanjut Three Lions
Headlines Olahraga

Tekad Lanjut Three Lions

KAPTEN Inggris Harry Kane menasehati Bukayo Saka yang membuka baju ketika merayakan gol Raheem Sterling (kiri) ke gawang Ceko di Wembley, London. Getty Images

LONDON (Waspada): Winger Raheem Sterling mencetak gol keduanya di Euro 2020 untuk membawa Inggris mengatasi Republik Ceko 1-0 pada laga pemungkas Grup D.

Berkat kemenangan tipis di Stadion Wembley, London, Selasa (Rabu WIB) itu, The Three Lions finis sebagai juara Grup D. Inggris pada babak 16 besar di Wembley, 29 Juni mendatang, jumpa runner-up Grup B yang diisi Prancis, Jerman, Portugal dan Hungaria.

Kendati langsung jumpa lawan kuat, manajer Gareth Southgate, Sterling, kapten Harry Kane dan bek sentral Harry Maguire, bertekad membawa Three Lions melaju sejauh mungkin.

“Kami telah menjuarai grup ini dan kami akan melanjutkan langkah. Bisakah kami bermain lebih baik, tentunya kami bisa. Kami akan melakukan semua yang kami bisa,” tutur Maguire, seperti dilansir Reuters, Rabu (23/6).

“Tiga clean sheet dan terus bermain solid. Dasar-dasarnya telah terlihat dan kini kami harus merapikan semua bagian dari permainan kami saja,” beber bek bongsor klub Manchester United itu.

Kapten Kane yang akhirnya mencatatkan tembakan tepat sasaran pertamanya dari tiga laga Grup D, pun punya harapan dan keyakinan serupa. Menerima umpan terobosan dari Maguire menit 26, bola tembakan striker Tottenham masih mampu diamankan kiper Tomas Vaclik.

“Berada di puncak grup, tak terkalahkan dan belum kebobolan. Pekerjaan di babak penyisihan grup telah selesai dilakukan dan kami harus melanjutkannya,” klaim Kane.

Menurut Sterling, ada hal-hal positif dari permainan Tim Tiga Singa yang masih bisa ditingkatkan. Inggris belum kebobolan dari tiga laga babak penyisihan, namun pada periode yang sama hanya menyarangkan dua gol.

“Kami memanfaatkan celah sangat baik, bermain sepakbola yang bagus dan mencetak gol yang kami butuhkan. Anda berarti hanya butuh mencetak gol di sisi lain,” tutur winger Manchester City tersebut.

“Hal terpenting adalah menjuarai grup dan pada suatu titik Anda harus menghadapi tim-tim terbaik. Ini soal menantang diri Anda sendiri dan kami harus terus melakukan apa yang kami miliki,” tekad Sterling.

Inggris dan Ceko sudah dipastikan menjejaki babak 16 besar sebelum peluit sepak mula ditiupkan. Laga pun berubah makna menjadi perebutan posisi puncak klasemen.

Tiga Singa melanjutkan tren peluang yang membentur tiang gawang lawan di awal laga. Sebelumnya nasib apes seperti itu dialami winger Phil Foden kontra Kroasia dan bek John Stones melawan Skotlandia.

Kali ini Sterling yang mengalaminya. Laga belum genap dua menit, bek kiri Luke Shaw mengirim umpan jauh yang berusaha diselesaikan Sterling dengan tendangan congkel, tapi bola berakhir membentur tiang jauh gawang Ceko.

Tim tuan rumah yang tanpa Mason Mount dan Foden karena sedang menjalani isolasi mandiri Covid-19, tidak menurunkan daya juang. Inggris mampu membuka keunggulan menit 12 melalui gol Sterling.

Jack Grealish mengirimkan umpan silang dari sisi kiri yang sempat membentur Vladimir Coufal. Bola melambung mengelabui kiper Tomas Vaclik dan Sterling menyambutnya di area tiang jauh untuk menjebol gawang Vaclik.

Dua menit berselang giliran kiper Jordan Pickford yang unjuk kebolehan untuk menepis tembakan jarak jauh Tomas Holes demi mengamankan gawang Inggris.

“Saya rasa masih ada hal lain yang akan kami tampilkan tentunya. Kami belum mencetak gol dari set-play, kami belum lancar tapi kami memiliki momen yang terlihat bermain bagus,” ucap Southgate.

“Kami ingin menjuarai grup dan lanjuut bermain di Wembley. Kami akan lihat siapa yang akan kami hadapi, tetapi tim ini stabil dengan atau tanpa bola dan itu penghargaan besar bagi para pemain,” ujarnya lagi.

Southgate mengaku mesti mengubah banyak hal dalam semalam untuk pergantian personel terkait kasus Mount, Foden dan bek Ben Chilwell. Dia lantas memainkan gelandang muda Bukayo Saka sebagai starter.

“Kami sangat terkesan. Anda melihatnya, Bukayo malam ini menunjukkan permainan yang sangat fantastis,” sanjung mantan bek Aston Villa dan Middlesbrough tersebut.

Saka dinobatkan sebagai Star of the Match atau pemain terbaik. Menurut Whoscored, bintang muda Arsenal itu mendapat nilai rata-rata 7,13 dengan akurasi umpan 86 persen dari 29 umpan yang dilepaskannya.

“Pelatih mengatakan kepada saya untuk mengekspresikan diri, seperti yang telah saya lakukan untuk klub sepanjang musim,” jelas Saka. (m08/rtr/espn)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2