Waspada
Waspada » Sumut Targetkan 63,068 Orang Akseptor KB
Headlines Medan

Sumut Targetkan 63,068 Orang Akseptor KB

KEPALA Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Temazaro Zega optimis Sumut Targetkan 63,068 orang Akseptor KB. Waspada/Ist
KEPALA Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Temazaro Zega optimis Sumut Targetkan 63,068 orang Akseptor KB. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Temazaro Zega, Jumat (26/6) menyebutkan, ditengah kesulitan dan keterbatasan pada situasi pandemi Covid-19 pada masa ini, sudah menjadi keharusan bagi masyarakat untuk melaksanakan protokol pencegahan penularan wabah Covid-19 dengan membatasi kegiatan diluar atau berdiam diri dirumah.

Hal ini dikhawatirkan akan sangat berdampak terhadap meningkatnya angka kelahiran total (Total Fertility Rate).

Dalam mengantisipasi kondisi tersebut, pemerintah melalui BKKBN mengambil langkah strategis untuk tetap mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk tetap berpartisipasi didalam Program Keluarga Berencana yang bertujuan untuk membentuk keluarga yang berkualitas dan berketahanan.

Maka, kata dia, melalui Momentum Harganas ke-27 yang akan kita peringati pada 29 Juni mendatang, BKKBN akan melaksanakan kegiatan yang akan menargetkan catatan pada Museum Rekor Indonesia (MURI).

Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor di Indonesia, untuk Sumut sendiri targetkan memberikan pelayanan KB kepada 63,068 orang akseptor di seluruh kabupaten/kota untuk pelayanan Kontrasepsi IUD sebanyak 1,918 akseptor, Implan 6,062 akseptor, Suntik 9,301 akseptor, Pil 35,940 akseptor, dan Kondom 9,848 akseptor serta Pelayanan KB Pasca Persalinan.

Untuk Pelayanan Medis Operasi Wanita (MOW) dan Medis Operasi Pria (MOP) juga dapat dilaksanakan dengan mempertimbangkan kondisi wilayah kab/kota dan tetap memperhatikan protokol pelayanan dalam masa Pandemi Covid-19.

Kata dia, kegiatan ini akan memfasilitasi jenis Pelayanan KB Baru, Pelayanan KB Ulangan dan Pelayanan KB Ganti Cara.

Temazaro menambahkan, kegiatan ini merupakan langkah strategis bagi pemerintah untuk tetap memberikan dan meningkatkan akses pelayanan KB yang berkualitas kepada masyarakat dan opitimis Sumut targetkan 63,068 orang Akseptor KB tercapai.

Menjamin Aman Dari Covid-19

Masyarakat tidak perlu khawatir untuk mendapatkan akses pelayanan karena BKKBN bersama tenaga medis dan seluruh mitra kerja akan menjamin pelaksanaan kegiatan ini sepenuhnya dilaksanakan dengan penerapan protokol pencegahan penularan Covid-19.

“Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor yang dilakukan serentak di seluruh Provinsi dan seluruh kabupaten/kota Se-Indonesia pada tanggal 29 Juni 2020, pada pukul 08:00 s/d 15:00 waktu setempat. Untuk Pelayanan KB Pasca Persalinan dapat dimulai pada pukul 00:00 dan berakhir pada pukul 13:00 waktu setempat,” ujarnya.

Perwakilan BKKBN Provinsi Sumut juga mengajak masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan menghubungi fasilitas kesehatan terdekat atau menghubungi para tenaga Penyuluh KB di Kantor Balai Penyuluhan, Kantor Desa/Kelurahan/Kecamatan.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di Puskesmas, Rumah Sakit dan Faskes lain pada tanggal 29 Juni 2020 dengan penerapan penuh protokol pencegahan covid-19 sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terpapar Covid-19. (m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2