Waspada
Waspada » Sumut Siap Sambut KM Kelud
Headlines Medan

Sumut Siap Sambut KM Kelud

KM Kelud. Waspada/Surya Efendi
KM Kelud. Waspada/Surya Efendi

MEDAN (Waspada): Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) mempersiapkan penyambutan penumpang Kapal Motor (KM) Kelud yang sedang berlayar.

Kapal akan tiba di Pelabuhan Belawan, Senin (13/4) malam, sekira pukul 19.00 WIB.

‘’Benar KM Kelud akan berlabuh di Belawan. Namun jumlah kru yang positif PDP Covid-19 sampai saat ini belum bisa dipastikan,’’ sebut Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara, Mayor Kes dr Whiko Irwan D, Sp.B dalam live streaming update perkembangan Covid-19 di Sumut, Senin (13/4) pukul 17.00 WIB.

Whiko mengatakan, bila didalam kapal tersebut ditemukan orang yang positif menderita corona, maka seluruh orang yang ada dikapal tersebut akan dilakukan prosedur pemeriksaan kesehatan sebagaimana protokol penanganan Covid-19, mereka mengisi formulir serta dilakukan rapid test.

‘’Kalau ada yang terindikasi PDP, maka akan segera dikirim ke rumah sakit rujukan dan bila status OTG, ODP akan diisolasi untuk menjalani karantina di lokasi yang akan ditunjuk,’’ ucapnya.

Karantina 3 Hari

Sementara, dr Aris Yudhariansyah yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara menyebutkan, setelah turun, penumpang KM Kelud akan naik ke dalam bus dan dibawa ke gedung eks Bandara Polonia, untuk menjalani karantina selama 3 hari.

‘’Sementara untuk ABK yang hasil rapid test-nya positif akan menjalani isolasi di RS Martha Friska,’’ tandasnya.

Informasi yang diperoleh, KM Kelud berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dan bersandar di Pelabuhan Batu Ampar, Batam.

KM Kelud tersebut membawa penumpang 111 orang yang mana, 31 orang turun di Batu Ampar, 44 orang turun di Tanjung Balai Karimun dan 36 orang turun di Pelabuhan Belawan.

Ada kabar anak buah kapal (ABK) KM Kelud tersebut berinisial TF, bekerja sebagai pelayan dinyatakan positif Coronavirus disease 2019 (Covid-19) usai menjalani rapid test di Batam.

Namun, saat dilakukan tracing terhadap para penumpang dan ABK, didapati 39 lainnya juga positif Covid-19.

Oleh KKP kelas I Batam, ABK tersebut kemudian dirujuk ke RSBP Batam untuk menjalani proses isolasi.

Sedangkan, 39 orang lainnya dievakuasi RS Infeksi Khusus Galang, Batam, Kepri. (m46)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2