Waspada
Waspada » Sinyal Telkomsel Hilang, Warga Tabagsel Mengeluh
Headlines Sumut

Sinyal Telkomsel Hilang, Warga Tabagsel Mengeluh

PELANGGAN Telkomsel di Kota Medan dan sekitarnya kecewa, jaringan telpon maupun internet milik perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia tersebut lumpuh, Selasa (11/8). Waspada/Ist
PELANGGAN Telkomsel di Kota Medan dan sekitarnya kecewa, jaringan telpon maupun internet milik perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia tersebut lumpuh, Selasa (11/8). Waspada/Ist

P SIDIMPUAN (Waspada): Warga Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) yang mayoritas menggunakan kartu telelepon Telkomsel mengeluh.

Pasalnya, sejak Selasa (11/8) sekira pukul 15:30, sinyal provider tersebut hilang.

Berganti kartu telepon ke provider lain, mereka kurang berminat.

Untuk komunikasi terpaksa mengandalkan media sosial, itupun harus pakai jaringan Wi-Fi yang hanya ada di tempat tertentu.

Akibat kejadian ini, komunikasi terputus dan banyak pekerjaan terbengkalai.

Anak pelajar yang mengerjakan tugas sekolah secara daring juga sangat terganggu.

Adnan Buyung Lubis, seorang pengacara di Kota P Sidimpuan, harus menunda pertemuan dengan calon klien.

Sebab komunikasi mereka terputus dan saling tidak mengetahui dimana posisi.

“Kami janji jumpa siang ini. Dimana tempatnya, akan disepakati lewat telepon. Tapi sinyal hilang dan pertemuan terpaksa ditunda,” katanya.

Demikian juga Amran Pohan, wartawan di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Dia tidak bisa mengirim berita yang sudah diketiknya ke redaksi.

Padahal berita itu semestinya dinaikkan pada terbitan edisi Rabu (12/8).

Dari Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Soleh Nasution menunda pengiriman beras kepada langganannya di P Sidimpuan.

Menurut pesan surat yang dikirim lewat angkutan umum, dia belum bisa memastikan jenis dan banyak beras yang akan dikirim.

Senada diungkapkan Fadilah, warga Gunugtua, Kabupaten Padanglawas Utara, yang dihubungi lewat pesan WA karena sekitar rumahnya ada jaringan Wi-Fi gratis.

Dia terpaksa bolak-balik ke loket angkutan umum menanyakan apakah kendaraan yang membawa pesanannya dari Medan sudah sampai.

Di Sibuhuan, Kabupaten Padangalawas, anak yang mengerjakan tugas secara online dari guru mereka, harus kesal dan kecewa.

Sebab, tugas tersebut sudah selesai dan tinggal kirim ke guru, namun sinyal hilang.

“Tadi saat mau berangkat, anak saya menangis karena tugas yang sudah dikerjakannya tidak bisa dikirim ke gurunya,” kata Habibullah yang dijumpai di Kota P Sidimpuan.

Terbakar

Sementara dari informasi beredar, hilangnya sinyal ini disebabkan gedung Telkomsel di Pekanbaru, Provinsi Riau terbakar.

Bukan hanya sinyal Telkomsel di Sumatera Utara yang down atau hilang, tetapi juga di Sumatera Barat dan kawasan lainnya di sekitar Riau. (a05)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2