Waspada
Waspada » Shalat Tarawih Perdana Di Masjid Agung Yang Baru
Headlines Medan

Shalat Tarawih Perdana Di Masjid Agung Yang Baru

PARA jamaah saat melaksanakan shalat Tarawih perdana di Masid Agung yang baru. Waspada/zul harahap
PARA jamaah saat melaksanakan shalat Tarawih perdana di Masid Agung yang baru. Waspada/zul harahap

 

MEDAN (Waspada): Jamaah Masjid Agung Sumut mulai melaksanakan shalat Isya dan Tarawih perdana di masjid baru, Selasa (13/4).

Badan Kesejahteraan Masjid (BLM) Agung, mulai menguji coba masjid baru, yang letaknya bersebelahan dengan masjid Agung yang lama di Jalan Pangeran Diponegoro, Medan.

Dari pantauan Waspada, penggunaan Masjid Agung yang baru untuk pelaksanaan shalat sebenarnya tidak mendadak.

Karena sebelumnya sudah beredar informasi kalau masjid baru akan digumakan untuk pelaksanaan shalat, terutama shalat Tarawih.

Malah pada malam pertama Ramadhan, pengurus BKM Agung Abdullah Matondang, sudah mengumumkan kepada jamaah tentang akan digunakannya masjid baru.

“Mungkin dalam dua atau tiga hari kedepan, kita akan shalat di masjid yang baru” katanya, saat mengumumkan tentang pelaksanaan shalat Tarawih pertama di Masjid Agung lama, Senin (12/4) malam.

Namun, saat para jamaah akan bersiap untuk menunaikan shalat Isya pada malam ke dua Ramadhan, Sekretaris BKM Agung Hendra DS, datang membawa kabar.

Bahwa pelaksanaan shalat Isya dan Tarawih malam ke dua, dilaksanakan di masjid yang baru.

Keputusan ini langsung diumumkan oleh Abdullah Matondang kepada jamaah.

Kata Abdullah, keputusan untuk melaksanakan shalat di Masjid Agung yang baru, merupakan keputusan bersama yang diambil pengurus BKM dengan pihak kontraktor yang membangun Masjid Agung.

Tujuannya sebagai uji coba, untuk melihat bila ditemukan adanya kekurangan fasilitas, untuk disempurnakan kemudian.

Kata Abdullah, Masjid Agung yang baru, untuk sementara ini hanya akan digunakan untuk pelaksanaan shalat Isya dan Tarwih saja.

Sedangkan shalat Subuh, Zuhur, Ashar dan Maghrib, tetap dilaksanakan di masjid lama.

Walau kesannya mendadak, namun pelaksanaan shalat Tarawih pertama di masjid baru malam itu disambut gembira para jamaah.

Karena, sudah lama umat Islam, menanti dapat segera melaksanakan shalat di masjid terbesar di Sumut itu.

Pernyataan senang dan bahagia, juga diungkapkan imam shalat Isya dan Tarawih, di malam kedua bulan Ramdhan Irham Taufik.

“Saya sangat bahagia malam ini. Karena saya ditakdirkan menjadi iman pertama di Masjid Agung ini. Alhamdullah,” katanya.

Tampak hadir pada pelaksanaan shalat berjamaah perdana antara lain, Ketua Harian Pembangunan Perluasan Masjid Agung, yang juga Wakil Ketua BKM Agung H Musa Idishah (Dodi), Ketua Bidang Kemakmuran H Yuslin Siregar, Sekretaris H Hendra DS, Wakil Sektetaris H Abdullah Matondang, Hamdani Syahputra dan H Muazzad Zein. (m07)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2