Waspada
Waspada » Setahun Longsor Irigasi Tak Berfungsi, Warga STM Hulu Mengadu Ke DPRD
Headlines Sumut

Setahun Longsor Irigasi Tak Berfungsi, Warga STM Hulu Mengadu Ke DPRD

ANGGOTA DPRD Deliserdang dari Fraksi PKS M Darwis Batubara (kemeja putih) pada saat menunjukkan longsornya tebing yang mengakibatkan saluran air tidak berfungsi. Waspada/Ist
ANGGOTA DPRD Deliserdang dari Fraksi PKS M Darwis Batubara (kemeja putih) pada saat menunjukkan longsornya tebing yang mengakibatkan saluran air tidak berfungsi. Waspada/Ist

DELISERDANG (Waspada): Tebing di Dusun I, Desa Tiga Juhar, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deliserdang mengalami longsor diperkirakan sudah setahun yang lalu.

Akibatnya, saluran air atau irigasi pada bagian bantaran tebing tidak berfungsi sehingga mengganggu aktivitas pertanian dan perkebunan warga.

“Saya hari ini meninjau dan menindaklanjuti pengaduan masyarakat tentang tali air (irigasi) yang sudah satu tahun lamanya amblas karena longsor tapi belum direspon oleh pihak Pemkab Deliserdang,” kata Anggota DPRD Deliserdang dari Fraksi PKS M Darwis Batubara, Sabtu (29/8) usai melakukan peninjauan terhadap pengaduan masyarakat Kecamatan STM Hulu.

Dijelaskan Darwis, longsornya daerah perbukitan setahun yang lalu mengakibatkan sepanjang 1 KM saluran irigasi tidak berfungsi dan mengakibatkan jurang baru.

Setelah dirinya meninjau Darwis mengakui, longsornya saluran pembuangan itu mengakibatkan adanya jurang baru diantara tebing.

“Sehingga, warga sekitar terpaksa menutup sungai yang berada di hulu (atas bukit) agar air tidak mengalir pada saluran pembuangan yang sudah longsor,”ungkapnya.

Namun lanjut Darwis, apabila tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan akan mengakibatkan longsor yang sangat besar yang berdampak pada kerusakan lingkungan sekitarnya.

Disebutkan, sebelumnya warga sekitar sudah mengajukan permohonan perbaikan tanah longsor itu kepada Pemkab Deliserdang, namun hingga saat ini belum ada realisasinya.

“Kami berharap ini cepat ditindaklanjuti karena mengganggu aktivitas pertanian maupun perkebunan di di Dusun I, Desa Tiga Juhar, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang,” tandasnya. (a16)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2