Waspada
Waspada » Seratusan Rumah Di Sergai Diterjang Puting Beliung
Headlines Sumut

Seratusan Rumah Di Sergai Diterjang Puting Beliung

SEIBAMBAN (Waspada): Hujan lebat disertai angin puting beliung menghantam.pemukiman warga di Dusun XV Kampung Jati dan Dusun XVI Kampung Samben Desa Sei Bamban Kec. Sei Bamban Kab.Serdang Bedagai (Sergai), Sabtu (28/11) sekira pukul 16:00.

Akibatnya kejadian tersebut diperkirakan seratusan rumah rusak , yang sebagian besar mengalami rusak berat dengan kondisi seng beserta kap.rumah. sempat terbang terbawa angin puting , bahkan ada yang terbawa angin hingga puluhan meter.

Selain itu kabel listrik tegangan tinggi di Dusun XVI Kampung Samben sempat terputus sehingga aliran listrik padam dan hingga berita ini dikirim pihak PLN tengah melakukan perbaikan.

 

Khairiah,42, warga Dusun XVI Kampung Samben Desa Sei Bamban kepada Waspada Sabtu malam menuturkan saat itu dia dan suaminya tengah berada didalam.rumah, tiba-tiba turun hujan lebat disertai .angin kencang.

” Begitu kami akan menjalankan sholat Ashar, seluruh kap rumah beserta sengnya terangkat angin hingga terbang dan terjatuh didepan rumah, kami.buru-buru menyelamatkan.diri”, tutur Kahiriah.

Diakui Khairiah, seluruh perabotan rumah basah dan dia beserta suami untuk sementara.terpaksa mengungsi ke rumah tetangga.

Hal senada juga diutarakan Wagisah,67, tetangga Khairiah, seluruh kap dan seng rumah induk dan teras terangkat oleh.angin puting beliung, bahkan sebagaian kap berikut seng rumahnya menimpa.rumah tetangga.

Untuk sementara Wagisah beserta keluarga tinggal di ruang dapur yang luput dari terjangan angin puting beliung yang disertai hujan.

Kepala Desa Sei Bamban Fadli Lubis yang dihubungi Waspada membenarkan terjadinya hujan lebat disertai angin puting beliung Sabtu sore .

” Data sementara di Dusun XV Kampung Jati korban angin puting beliung ada 72 unit rumah dan di Dusun XVI Kampung Samben 28 unit rumah,sebagian besar mengalami rusak berat”, terang Fadli.

Berhubung aliran listrik padam.dan hujan masih turun sebut Kades, pendataan akan dilanjutkan esok hari, tutupnya. (a15/C)

Keterangan Foto:
Rumah warga Dusun XVI Kampung Samben dan Dusun XV Kampung Jati Desa Sei Bamban Kec.Sei Bamban yang rusak berat akibat dihantam angin puting beliung, Sabtu (28/11) sore. (Waspada/Istimewa)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2