Serangan Panah Di Norwegia Menewaskan 5 Orang - Waspada

Serangan Panah Di Norwegia Menewaskan 5 Orang

  • Bagikan
Sejumlah polisi menyelidiki lokasi penyerangan dengan menggunakan busur panah yang menewaskan lima orang di Kongsberg, Norwegia, Rabu waktu setempat. AP

     OSLO, Norwegia (Waspada): Lima orang tewas dalam serangan busur panah di Norwegia bagian tenggara. Polisi setempat dilaporkan telah menangkap pelaku penyerangan.

     Dilansir dari AFP, Kamis (14/10/2021), dua orang lainnya luka-luka dalam serangan yang terjadi di beberapa lokasi terpisah di pusat kota Kongsberg pada Rabu (13/10) waktu setempat.

     Pejabat kepolisian setempat, Oyvind Aas, menyatakan dirinya ‘dengan sangat disayangkan mengonfirmasi’ bahwa lima orang tewas dalam serangan tersebut.

     Dua korban luka-luka dilaporkan tengah dirawat di unit perawatan kritis di rumah sakit setempat, namun nyawa keduanya dinilai tidak terancam.

     Salah satu korban luka merupakan seorang polisi yang sedang tidak bertugas dan tengah berada di dalam toko, yang menjadi salah satu lokasi serangan.

     “Pria yang melakukan aksi ini telah ditangkap polisi dan menurut informasi kami, hanya ada satu orang yang terlibat,” ujar Aas dalam konferensi pers.

     Dia mengatakan bahwa ‘mengingat bagaimana peristiwa itu terjadi, wajar untuk menilai apakah ini serangan teroris’. “Pria yang ditangkap belum diinterogasi dan masih terlalu dini untuk mengatakan apapun soal motifnya,” imbuh Aas, sembari menyebut bahwa ‘semua kemungkinan masih terbuka’.

     Identitas pelaku belum diungkap ke public, namun ia disebut berkewarganegaraan Denmark berusia 37 tahun. Perdana Menteri Norwegia terpilih Jonas Gahr Stoere mengatakan sudah mendapat informasi mengenai kejadian itu.

     “Apa yang kami ketahui dari Kongsberg merupakan saksi dari tindakan mengerikan dan brutal,” kata Stoere, kepada kantor berita NTB. Penyelidik masin mendalami apakah serangan itu bermotif terorisme atau bukan.

     Kepolisian setempat dalam pernyataannya hanya menyebut pelaku telah dibawa ke kantor polisi dekat kota Drammen, setelah ditangkap pada Rabu (13/10) sekitar pukul 18.47 waktu setempat. Tidak diketahui juga apakah pelaku pernah terlibat tindak kriminal sebelumnya.

     Serangan ini merupakan yang terburuk di Norwegia sejak 2011. Saat itu seorang ekstremis sayap kanan Anders Behring Breivik melepaskan tembakan di sebuah acara kamp pemuda yang menewaskan 77 orang, mayoritas remaja. (afp/m11)

  • Bagikan