Waspada
Waspada » Seorang Warga Status PDP, Bupati Simalungun Isolasi Nagori Bangun Panei
Headlines Sumut

Seorang Warga Status PDP, Bupati Simalungun Isolasi Nagori Bangun Panei

Bupati Simalungun Isolasi Nagori Bangun Panei
Surat Bupati Simalungun dan Update Data Covid-19

SIMALUNGUN (Waspada): Bupati Simalungun JR Saragih perintahkan isolasi Satu Nagori (Desa) yakni Nagori Bangun Panei di Kec. Dolog Masagal, Kab. Simalungun, menyusul ditanganinya seorang warga daerah itu yang masuk dalam status PDP (Pasien Dalam Pengawasan) terkait Covid-19, Sabtu (28/3).

Adapun Instruksi Bupati Simalungun isolasi Nagori Bangun Panei ditujukan kepada Kepala Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Simalungun, yang dituangkan melalui surat bupati nomor: 065/6031/1.3.1/2020.

Dalam surat bupati itu ditegaskan agar warga Nagori Bangun Panei tidak melakukan kegiatan bepergian atau melakukan kontak langsung dengan sesama masyarakat di nagori Bangun Panei maupun di luar nagori tersebut, sambil menunggu pemeriksaan Rapid Test, khususnya kepada keluarga yang kontak langsung dengan pasien berstatus PDP dimaksud.

Selain itu, Bupati JR Saragih juga meminta kepada tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kab. Simalungun untuk membantu mengantar langsung air bersih kepada masyarakat di Nagori Bangun Panei, khususnya kepada warga yang selama ini mengambil air bersih di bak umum.

Kepada petugas yang mengantar, bupati menekankan agar menggunakan alat pelindung diri (APL) agar terhindar dari ancaman wabah paling menakutkan itu.

PDP 1 Orang

Sebagaimana informasi diperoleh dari Posko Utama Update Data Pasien Covid-19 Pemkab Simalungun, tertanggal 28 Maret 2020 jumlah OTG (Orang Tanpa Gejala) sebanyak 453 orang, status ODP (Orang Dalam Pantauan) sebanyak 37 orang, sedangkan berstatus PDP sebanyak 1 orang.

Adapun orang yang masuk dalam status ODP tersebut berjenis kelamin laki-laki berusia sekitar 67 tahun dengan riwayat perjalanan baru pulang dari Jakarta dan sudah dua hari dirawat di RSUD Perdagangan karena mengalami gejala demam tinggi.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Simalungun yang juga Kepala Dinas Kominfo Pemkab Simalungun, Wasin Sinaga, saat dikonfirmasi Waspada, Sabtu (28/3) sekira pukul 19.00 membenarkan adanya surat instruksi bupati simalungun yang meminta isolasi warga Nagori Bangun Panei dan tidak melakukan kegiatan bepergian maupun melakukan kontak langsung baik dengan warga setempat maupun dengan nagori tetangga berkaitan dengan adanya seorang warga dari nagori itu yang saat ini berstatus PDP dan dirawat di RSUD Perdagangan.

” Benar, surat itu ditujukan kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, meminta agar warga tidak diizinkan melakukan kegiatan bepergian dan melakukan kontak langsung baik sesama warga setempat maupun dengan warga nagori lainnya, sampai hasil Rapid Test diketahui,” ujar Wasin.(a29)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2