Waspada
Waspada » Sel Lapas Kelas IIB Idi Tidak Mewah
Aceh Headlines

Sel Lapas Kelas IIB Idi Tidak Mewah

KELUARGA warga binaan menunggu jadwal besuk di ruang tunggu Lapas Kelas IIB Idi, Aceh Timur, Minggu (21/2). Waspada/M Ishak
KELUARGA warga binaan menunggu jadwal besuk di ruang tunggu Lapas Kelas IIB Idi, Aceh Timur, Minggu (21/2). Waspada/M Ishak

IDI (Waspada): Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Idi, Aceh Timur, tidak pernah menyediakan kamar dengan fasilitas mewah.

Semua narapidana dan tahanan yang menghuni 17 kamar diperlakukan sama.

“Lapas Idi, tidak ada sel mewah, semua (warga binaan—red) sama kita perlakukan,” tegas Kepala Lapas Kelas IIB Idi, Eka Priyatna, menjawab Waspada, Minggu (21/2) di Idi.

Disebutkan, seluruh kamar tahanan yang tersedia sebanyak 17 kamar, rinciannya satu kamar wanita dan 16 kamar lainnya untuk warga binaan pria.

“Seluruh warga binaan yang menghuni lapas ini sebanyak 391 orang, baik pria maupun wanita,” terang Eka.

Justru, lanjut dia, seluruh kamar sel tahanan di lapas yang dipimpinnya saat ini sudah melebihi kapasitas (over kapasitas—red), karena seharusnya dalam 17 kamar layaknya di huni 65 warna binaan.

Sebagaimana diketahui, kondisi over kapasitas Lapas Kelas IIB Idi telah terjadi sejak masih berstatus sebagai Rumah Tahanan Negara (Rutan) Cabang Idi, bahkan HM Nasir Djamil pernah melihat langsung kondisi itu ketika duduk di Komisi III DPR RI.

Begitu juga dengan anggota DPD-RI asal Aceh, H Sudirman atau Haji Uma bersama Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), juga pernah melihat kondisi lapas dengan over kapasitas saat itu, namun hingga kini belum ada tanda-tanda penambahan sel tahanan di Rutan Kelas IIB Idi itu. (b11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2