Saudi Akhirnya Izinkan Jamaah Asing Berhaji Tahun Ini - Waspada
banner 325x300

Saudi Akhirnya Izinkan Jamaah Asing Berhaji Tahun Ini

  • Bagikan
Arab Saudi akhirnya membuka pintu bagi jamaah dari luar negeri untuk untuk melaksanakan haji tahun ini, namun otoritas tetap menerapkan persyaratan dan protokol kesehatan yang ketat. Saudi Gazette

JEDDAH, Arab Saudi (Waspada): Arab Saudi akhirnya membuka pintu bagi jamaah dari luar negeri untuk untuk melaksanakan haji tahun ini.

Namun otoritas tetap menerapkan persyaratan dan protokol kesehatan yang ketat kepada semua jamaah demi mengantisipasi wabah Covid-19.

Seperti dilansir Saudi Gazette, Jumat (21/5/2021), mengutip surat kabar Al Watan dalam laporannya, Kamis (20/5/2021), langkah tersebut diambil mengikuti keputusan Kementerian Haji dan Umrah pada 9 Mei, yakni pelaksanaan haji menerapkan semua langkah protokol kesehatan, keamanan, dan kenyamanan para jamaah.

Awal bulan ini, kementerian menyatakan otoritas kesehatan Arab Saudi akan terus menilai situasi dan mengambil semua langkah untuk menjamin kesehatan jamaah.

Untuk informasi serta penanganan selengkapnya terkait pelaksanaan haji, Kementerian Haji dan Umrah akan mengumumkannya dalam beberapa waktu mendatang.

Pada tahun lalu haji hanya diikuti jemaah yang berdomisili di dalam negeri, baik warga lokal maupun ekspatriat. Jumlahnya dibatasi tak lebih dari 10.000 orang untuk menjamin penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Ini berbeda jauh dibandingkan pelaksanaan haji dalam kondisi normal di mana Makkah dipadati 2,5 juta jamaah.

Sebelumnya, pada 15 April lalu Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Altaghafi memberi sinyal bahwa pemerintah Arab Saudi akan menggelar ibadah haji bagi jemaah dari luar negeri meskipun dengan kuota sangat terbatas.

“Insya Allah akan ada berita bagus terkait hal itu. Kami juga masih menunggu informasi ataupun berita terbaru tapi insya Allah akan ada ibadah haji untuk Muslim di Indonesia serta Muslim di dunia,” ujar Esam Abid.

Esam Abid meminta jemaah untuk mempersiapkan segala sesuatunya, apalagi vaksin Covid-19. Hanya mereka yang sudah mendapat vaksin virus corona bisa melaksanakan haji. (saudi gazette/m11)

 

  • Bagikan