Waspada
Waspada » Satu Warga Tapteng Dilaporkan Berstatus PDP COVID-19
Headlines Sumut

Satu Warga Tapteng Dilaporkan Berstatus PDP COVID-19

TAPTENG (Waspada): Satu orang warga Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) dilaporkan berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona Virus Diseasi (Covid-19).

“Saya mendapat laporan, bahwa salah satu masyarakat kita, yang kita sayangi masuk dalam kategori Pasien Dalam Pengawasan,” demikian kata Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani selaku ketua gugus tugas percepatan penanganan covid-19 dalam keterangan pers yang berlangsung di rumah dinas Bupati Jln Kapten Sitorus, Kelurahan Simaremare, Kota Sibolga, Selasa (7/4) dini hari.

Dijelaskan Bupati, pasien perempuan berusia 23 tahun tersebut sebelumnya ditetapkan sebagai ODP, karena memiliki riwayat perjalanan pulang dari daerah pandemi covid-19 negara Malaysia kurang dari 14 hari.

Pasien telah pantau selama 7 hari oleh pihak Puskesmas. Namun belakangan, kondisi kesehatannya kurang baik, pasien ada mengalami batuk, deman hingga 38 derajat dan sesak nafas.

“Pasien juga ada memiliki riwayat penyakit Tuberkulosis (TB) Paru, sudah dilakukan pemeriksaan laboratorium darah lengkap, selanjutnya pasien kita rujuk ke RS Pirngadi Medan,” sebut Bakhtiar.

Terkait hal ini, Bupati Bakhtiar meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik berlebihan, serta turut mendoakan agar pasien tetap dalam keadaan sehat.

“Ini belum tentu positif covid-19, biarlah tim dokter dari RS Pirngadi yang menyimpulkan, namun apapun kesimpulannya, masyarakat jangan panik tapi tetap waspada, jaga kesehatan gunakan selalu masker dan sering mencuci tangan. Hindari keluar rumah untuk hal yang tidak terlalu penting,” ucapnya.

Dikesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan waktu dekat, pihaknya akan memberikan bantuan sosial kepada 30 ribu Kepala Keluarga (KK) di Tapteng. (cris)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2