Waspada
Waspada » Satu Pasien Covid-19 Lhokseunawe Sembuh, Enam Masih Dirawat
Aceh Headlines

Satu Pasien Covid-19 Lhokseunawe Sembuh, Enam Masih Dirawat

Ilustrasi

LHOKSEUMAWE (Waspada): Untuk pertama kalinya dalam penanganan Covid-19, pihak Rumah Sakit Umum Cut Meutia menyatakan satu pasien telah sembuh dari penyakit virus Covid-19 dan enam lainnya masih terus menjalani perawatan medis lanjutan di ruang isolasi setempat.

Hal itu diungkapkan Kabag Humas RSU Cut Meutia Jalaluddin SKM, M, Kes terkait perkembangan para pasien positif corona dalam penanganan medis RSU Cut Meutia.

Dikatakannya, Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) Aceh Utara di Buket Rata Lhokseumawe, Selasa (16/6) telah menerima hasil tes swab kedua terhadap pasangan suami istri (Pasutri) asal Kec. Muara Dua Kota Lhokseumawe yang sedang dirawat akibat positif Covid-19.

Hasil swab keduanya menunjukkan adanya hasil yang berbeda yakni untuk sang suami hasilnya dinyatakan negatif dan sudah sembuh dari Covid-19.

Sedangkan untuk istrinya, justru sebaliknya hasil tes swabnya malah masih positif. Ironinya, hasil swab sebelumnya sempat negatif.

Maka secara otomatis pihak RSUCM akan terus melanjutkan perawatan medis untuk istrnya.

Sebagaimana diketahui, Pasutri asal salah satu desa di kecamatan di Kota Lhokseumawe dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes PCR (polymerase chain reaction) di Laboratorium Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), beberapa hari lalu.

Keduanya berinisial MS, 42, dan istrinya DL, 41. Selanjutnya, pada Rabu (10/6) keduanya pun langsung dirawat di RSUCM Aceh Utara di Buket Rata Lhokseumawe.

Kondisi keduanya memang tampak seperti orang normal, segar dan bugar, tanpa ada gejala lainnya.

Hal ini karena keduanya tidak memiliki riwayat penyakit lain atau tidak ada penyertaan jenis penyakit lain.

Dijelaskannya saat penanganan medis terhadap Pasutri tersebut, sudah dua kali diambil sampel cairan di saluran pernafasan mereka untuk dites swab.

Pertama, pengambilan sampel dilakukan pada Rabu (10/6) sore. Hasilnya sudah keluar dua hari lalu, yakni keduanya dinyatakan sudah negatif.

Sedangkan pengambilan sampel kedua dilakukan pada Jumat (12/6). Sampel kembali diperiksa di Laboratorium Balitbangkes Gampong Bada, Aceh Besar.

“Barusan kita sudah dapat hasil terhadap tes swab kedua. Dimana hasilnya berbeda untuk keduanya,” ujsemua.

Untuk suami hasilnya negatif, sehingga dinyatakan sembuh, sehubungan sudah dua kali berturut hasil swab negatif.

Sedangkan untuk istrinya masih harus melanjutkan perawatan di ruang isolasi rumah sakit tersebut.

“Untuk proses pemulangan suami, kita sudah berkoordinasi dengan tim gugus Lhokseumawe. Mungkin sebentar lagi akan dijemput tim gugus,” tuturnya. (b09)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2