Waspada
Waspada » Satu Malam Tidak Pulang, Seorang Nelayan Ditemukan Tewas Tenggelam Di Danau Toba
Headlines Sumut

Satu Malam Tidak Pulang, Seorang Nelayan Ditemukan Tewas Tenggelam Di Danau Toba

JENAZAH almarhum Janosman Purba saat disemayamkan di rumah duka. Waspada/Ist
JENAZAH almarhum Janosman Purba saat disemayamkan di rumah duka. Waspada/Ist

SIMALUNGUN (Waspada): Seorang nelayan warga Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun, ditemukan tewas tenggelam di perairan Danau Toba, Sabtu (1/8).

Sebelumnya, korban bernama Janosman Purba, 58, warga dusun Bangun Purba, Desa Purba Horison, Kecamatan Haranggaol Horisan, dilaporkan hilang setelah semalaman tidak pulang ke rumahnya, sejak Jumat (31/7).

Informasi diperoleh menyebutkan, korban pergi ke danau untuk mencari ikan menggunakan perahu.

Namun saat mencari ikan, korban diduga terjatuh dari perahunya dan akhirnya tenggelam.

Kabar hilangnya korban cepat menyebar dan warga berupaya melakukan pencarian di seputar pantai Bangun Purba, namun korban tidak ditemukan.

Informasi soal hilangnya salah seorang warga dimaksud sampai juga kepada Camat Haranggaol Horisan dan akhirnya dilaporkan ke BPBD Simalungun dan Basarnas untuk dilakukan pencarian.

“Pencarian dilakukan tim gabungan dari Polsek, BPBD, Basarnas dan warga, Sabtu (1/8) pukul 09:30 mulai dari Pelabuhan Bangun Purba,” ujar Camat Haranggaol Horisan, Lince br Sinaga.

Setelah beberapa waktu melakukan pencarian dengan cara menyelam di titik diduga tenggelamnya korban, akhirnya sekira pukul 10:00 tim penyelam Basarnas berhasil menemukan jenazah Janosman Purba.

Selanjutnya tim gabungan mengevakuasi korban ke pelabuhan untuk diperlihatkan kepada anak dan keluarga korban.

Kemudian jenajah korban dibawa ke Puskesmas Haranggaol untuk dilakukan visum.

Sesuai hasil visum luar di Puskesmas Haranggaol, tidak ada ditemukan tanda yang mencurigakan yang menyebabkan kematian korban.

Selanjutnya tim Basarnas IE Purba, menyerahkan jenajah alamarhum Janosman Purba kepada anaknya Sri Devi Purba, yang diwakili adik kandung Almarhum an Danson Purba.

Kapolsek Purba, Iptu M Sinaga, yang dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian seorang warga tewas tenggelam di perairan Danau Toba tepatnya di seputar Pelabuhan Bangun Purba, Nagori (Desa) Purba Horisan.

“Korban berhasil ditemukan dalam keadaan sudah tidak bernyawa. Tidak ada tanda mencurigakan atas kematiannya. Jenazah korban sudah diserahkan kepada keluarganya dan anak korban bersedia membuat surat pernyataan untuk tidak diautopsi,” kata Kapolsek. (a27)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2