Waspada
Waspada » Sah! Joe Biden Mengalahkan Donald Trump Di Pilpres AS 2020
Headlines Internasional

Sah! Joe Biden Mengalahkan Donald Trump Di Pilpres AS 2020

Joe biden mengalahkan trump
Joe Biden akhirnya berhasil mengalahkan petahana presiden Donald Trump dalam Pilpres dan akan menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat. AP

WASHINGTON, AS (Waspada) Joe Biden dari Partai DemoKrat akhirnya berhasil mengalahkan petahana presiden Donald Trump dalam Pilpres dan akan menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat.

“Amerika, saya merasa terhormat Anda telah memilih saya untuk memimpin negara kita yang hebat,” kata Biden melalui Twitter, seperti dilihat Waspada Minggu (8/11/2020).

“Pekerjaan di depan kita akan sulit, tetapi saya berjanji kepada Anda: Saya akan menjadi Presiden bagi semua orang Amerika – baik Anda memilih saya atau tidak,” lanjutnya lagi.

Pada Sabtu (7/11/2020) pagi waktu setempat atau sabtu jelang tengah malam WIB, jumlah suara eleKtoral yang diraup biden mencapai 290. Itu melebihi jumlah minimal untuk melenggang ke Gedung Putih, yakni 270.

Dikutip dari kantor berita Associated Press dan Fox News, kemenangan Joe Biden mengalahkan Trump tercapai melalui suara elektoral yang didapatnya dari Negara Bagian Pennsylvania.

Senator Delaware itu akan dilantik pada 20 Januari 2021. Biden juga akan menjadi presiden tertua di AS. Eks wapres Barack Obama selama 2 periode itu bakal berusia 78 tahun saat dilantik tahun depan.

Sementara itu, Kamala Harris yang merupakan senator dan mantan jaksa agung California, akan mengukir sejarah sebagai wanita kulit hitam pertama yang duduk sebagai wakil presiden.

Trio swing states kunci kemenangan

Biden layak berterimakasih kepada pendukungnya di trio swing states Rust Belt yang menjadi kunci krusial kemenangannya. Ia berhasil merebut dan merestorasi kembali ‘Blue Firewall’ dari tangan Trump.

Blue Firewall’ merujuk ke tiga negara bagian Rust Belt, yakni Pennsylvania, Wisconsin, dan Michigan, yang selalu kompak memilih Capres Demokrat sejak Pilpres 1992 hingga 2012.

Data penghitungan teranyar dari Fox News menunjukkan Biden menang di Pennsylvania dengan meraih 49,7 persen suara, sementara Trump meraup 49,2 persen suara.

Dengan kemenangannya di negara bagian yang memiliki suara elektoral, maka Biden telah meraup 290 suara elektoral sedangkan Trump baru meraup 214.

Ada lima negara bagian yang menjadi perebutan terakhir Biden dan Trump. Kelima negara bagian itu adalah:

  1. Nevada (6 suara elektoral)
  2. Alaska (3 suara elektoral)
  3. Georgia (16 suara elektoral)
  4. North Carolina (15 suara elektoral)
  5. Pennsylvania (20 suara elektoral). (ap/fox news/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2