Waspada
Waspada » Sabang Diguncang Gempa Bumi Tektonik
Aceh Headlines

Sabang Diguncang Gempa Bumi Tektonik

TAMPAK sejumlah bangunan mengalami rusak berat akibat gempa bumi di Sabang. Waspada/Ist
TAMPAK sejumlah bangunan mengalami rusak berat akibat gempa bumi di Sabang. Waspada/Ist

SABANG (Waspada): Kota Sabang diguncang gempa bumi berkekuatan 4,8 SR pada Kamis (4/6) pagi sekira pukul 05.27 WIB membuat masyarakat ketakuan dan berhamburan keluar rumah.

Kepala Kantor BMKG Sabang, Siswanto mengatakan, gampa bumi tektonik posisi pada 5.97 LU, 95.09 BT. 26 kilometer Barat Laut Kota Sabang Aceh pada kedalaman 10 km.

Menurut data dari Pusdalops PB BPBD Kota Sabang gempa bumi bermagnitudo 4,8 itu menghancurkan sejumlah bangunan ada yang rusak ringan dan berat.

Yang sangat terasa guncangan di Gampong Kenakai Kecamatan Sukajaya Sabang dan sejumlah bangunan mengalami kerusakan.

Menurut catatan sementara bangunan yang mengalami rusak berat 1 unit rumah toko (Ruko), 1 unit kantor mukim kenekai.

Bangunan rusak sedang sebanyak 4 unit Ruko dan bangunan rusak ringan sebanyak 2 unit dan 1 unit Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun sebanyak 8 orang yang terdampak langsung.

Adapun korban terdampak terdiri, Mahyar Oknizar 39, Saodah Yusuf 62, Hamdan Abdullah 58, Abdullah Hamzah 51, Yuslan Yusuf, 52, Munawar 39, Sarinah 70, Sofyan AR 50.

Menurut laporan Pusdalops PB BPBD Sabang, tidak ada warga yang diungsikan dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Wali Kota Sabang, Nazaruddin, Wakil Wali Kota, Suraji Junus, Sekdako Sabang, Drs. Zakaria bersama Tim Reaksi Cepat turun langsung ke lokasi terdampak bencana gempa bumi di Kenekai untuk melihat secära langsung dan mendata sejumlah bangunan dan korban terdampak.

Namun dalam laporan itu tidak disebutkan perkiraan kerugian yang dialami pihak korban. (b18)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2