RSUD dr Pirngadi, RS Masyarakat Medan Berfasilitas Lengkap Dan Pencetak Dokter Handal - Waspada

RSUD dr Pirngadi, RS Masyarakat Medan Berfasilitas Lengkap Dan Pencetak Dokter Handal

  • Bagikan
ALAT CT-Scan, salah satu Peralatan Medis Unggulan di RSUD dr Pirngadi.
ALAT CT-Scan, salah satu Peralatan Medis Unggulan di RSUD dr Pirngadi.

MEDAN (Waspada): Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan yang terletak di Jalan Profesor HM Yamin, Kecamatan Medan Kota Timur, memiliki fasilitas dan layanan kesehatan unggulan untuk masyarakat, yang semakin lengkap dan akan terus berkembang baik sarana, prasarana, dan SDMnya.

RS yang sebentar lagi berusia 93 tahun ini kini masih terus eksis memberikan pelayanan terbaik ditengah persaingan fasilitas kesehatan yang terus berkembang pesat di Kota Medan ini.

Saat ini saja, RS yang didirikan oleh Pemerintah Kolonial Belanda dengan nama “GEMEENTE ZIEKEN HUIS” ini memiliki pelayanan medis unggulan yang komplit begitu juga dengan peralatan medis yang canggih dan modern.

Adapun pelayanan unggulan itu yakni terdapat pelayanan Bronchoscopy yaitu memasukkan alat melalui tenggorokan, laring, trakea, ke dalam bronkus untuk melihat bagian toraks (dada) tujuannya untuk mendiagnosis suatu penyakit untuk mengambil sampel jaringan atau mucus melalui tindakan yang disebut Biopsy.

Kemudian ada juga pelayanan Computerized Tomography Scan (CT-Scan) adalah kombinasi teknologi foto rontgen atau Sinar X dan sistem komputer khusus untuk melihat kondisi dalam tubuh dari berbagai sudut. Unggulan lainnya terdapat layanan kulit dan kecantikan yang melayani microdermabrasi yang merupakan prosedur perawatan dan peremajaan pada kulit wajah dengan menggunakan teknik pengelupasan kulit, sehingga sel kulit wajah yang mati terangkat. Tidak ketinggalan layanan Facial, Chemichal Peeling, Electrocouter juga menjadi unggulan pelayanan medis disini.

Selain itu yang paling menarik, jika memasuki RS ini kita juga akan menjumpai satu ruangan yang disebut Unit Penanggulangan HIV/AIDS. Disini Masyarakat bisa memeriksakan dirinya apakah mengidap penyakit HIV/AIDS atau tidak dan juga dapat menjalani konsultasi yang sangat terjaga kerahasiaannya.

Paling penting lagi, terdapat Unit Transfusi Darah RS (UTDRS). Disebutkan Direktur Umum RSUD dr Pirngadi Medan, Suryadi Panjaitan bahwa sejak adanya UTD ini RSUD dr Pirngadi Medan tidak pernah kekurangan darah.

Nah disituasi pandemi Covid-19 ini, RS ini juga memiliki andil besar diantaranya menjadi salah satu RS rujukan bagi pasien covid-19 dengan status sedang dan berat. Bahkan kini telah berlangsung renovasi ruang ICU Covid-19 yang ditargetkan akan segera selesai.

Berbagai pelayanan unggulan yang telah ada itu, sebelumnya Direktur Utama (Dirut) RSUD dr Pirngadi Medan, Suryadi Panjaitan juga menyampaikan RS ini akan menjadi pusat unggulan Onkologi Terpadu terbaik diluar Jawa. Bahkan disebutkan RS ini punya Pusat Hemodialisa dan bahkan tertua di Sumatera Utara.

“Itu harapan kita. Saat ini kita bersiap siap menuju kesitu. Karena sebenarnya kita sudah mulai melayani Onkologi, tapi masih sampai pada kemoterapi. Dan kedepannya harus sudah sampai pada Pelayanan Radioterapi dan Pengobatan Tradisional,” ungkapnya yang sudah 4 tahun memimpin RS yang telah banyak melahirkan para dokter handal ini.

Ia bahkan menegaskan bahwa Pirngadi memiliki layanan yang bagus bagi masyarakat.

“Sebenarnya Pirngadi ini ada layanan yang boleh dikatakan cukup bagus dari segi radiologi kita sudah punya alat CT-Scan, Rontgen, dan ruangan ICU makin baik, peralatan medis makin lengkap kemudian pelayanan kosmetik kita cukup baik,” ungkapnya baru-baru ini.

Keunggulan ini juga diakui oleh masyarakat. “RS itu sebenarnya bagi saya sangat bagus, saya dulu pernah menjadi pasien disana dengan keluhan sakit lambung. Berobat disanalah saya sembuh. Jadi saya harapkan RS ini harus menjadi RS kebanggaan masyarakat jangan karena hanya beberapa kasus masyarakat menjadi memandang sebelah mata RS ini,” ungkap A Lubis pada Rabu (4/8).

Mantan lulusan RSUD dr Pirngadi, yang saat ini sebagai Praktisi Kesehatan, Dr Rizky Adriansyah SpA(K) mengungkapkan kebanggaannya dengan RS ini. Sebutnya RS ini banyak melahirkan dokter handal. Ia juga menyaksikan bahwa RS ini memiliki fasilitas sarana dan prasarana lengkap. Perbaikan sistem tata kelola RS dan bekerja professional dan disiplin diharapkannya RS ini kembali bangkit.

“Banyak dokter hebat yang lahir dari sini. Sebenarnya dokter di Medan ini punya tanggung jawab moril juga dengan RS ini untuk kembali menjadi RS kepercayaan masyarakat,” ucapnya.

BANGUNAN RSUD dr Pirngadi Medan tampak dari Jalan Profesor HM Yamin Medan.
BANGUNAN RSUD dr Pirngadi Medan tampak dari Jalan Profesor HM Yamin Medan.

Disisi lain, Aksesbilitas dan letak geografis RS ini sebutnya sangat strategis dibandingkan dengan RS lain. Sehingga sudah saatnya RS ini tegasnya harus menjadi perhatian semua pihak karena kalau dari segi usia RS ini harus menjadi RS rujukan pertama untuk menyembuhkan pasien. (cbud)

  • Bagikan