Waspada
Waspada » Rocky: RSUD-ZM Siaga Penuh
Aceh Headlines

Rocky: RSUD-ZM Siaga Penuh

BUPATI Rocky bersama sejumlah pejabat lain melihat APD medis di RSUD ZM Aceh Timur di Idi, Jumat (27/3). Waspada/M. Ishak
BUPATI Rocky bersama sejumlah pejabat lain melihat APD medis di RSUD ZM Aceh Timur di Idi, Jumat (27/3). Waspada/M. Ishak

IDI (Waspada): Bupati Aceh Timur bersama sejumlah pejabat lainnya meninjau kesiapan RSUD-Zubir Mahmud Aceh Timur, Jumat (27/3). Peninjauan tersebut dilakukan mengingat RS tersebut telah ditetapkan Pemerintah Aceh sebagai salah satu RS Rujukan Covid-19 dipantai timur Provinsi Aceh.

“Kita minta para medis siaga penuh 24 jam, begitu juga dengan ambulance minimal harus dua supir,” kata Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM. Thaib atau Rocky, kepada Waspada, usai melihat Alat Pelindung Diri (APD) di RSUD-ZM di Idi, Jumat (27/3).

Rocky juga meminta, seluruh petugas piket harus siap dan siaga penuh dalam penanggulangan virus Covid-19 didaerah itu. Namun disisi lain, selaku Kepala Daerah (KDh) pihaknya juga mengingatkan agar tetap menjaga kesehatan melalui cuci tangan secara rutin dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

“Begitu juga dengan petugas medis di puskesmas kami minta terus memantau dan mengawasi dan melaporkan perkembangan kesehatan Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang telah terdata. Ini kita nilai penting untuk mencegah penyebaran virus Corona disekitar kita,” urai Rocky.

Isolasi diri di rumah terhadap warga yang baru tiba dari luar negeri dan luar daerah dianggap penting hingga jangka waktu 14 hari lamanya. “Hingga saat ini belum ada yang positif terjangkit Corona, muda-mudahan tidak ada didaerah kita. Bahkan dua orang yang sempat dirujuk ke RSUD-ZA Banda Aceh juga sudah dipulangkan setelah dinyatakan negatif dan kondisinya sehat,” demikian Rocky.

Ketika meninjau kesiapan RSUD-ZM, Rocky melihat beberapa ruangan yang akan dijadikan ruang isolasi terhadap mereka yang sewaktu-waktu berstatus sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Selain itu, Rocky bersama rombongan juga melihat APD yang baru diterima pihak RS setempat dari Pemerintah Aceh.

Hadir dalam kesempatan itu antara lain Sekda Aceh Timur H. M. Ikhsan Ahyat, Jubir Gugas Penanggulangan Corona Aceh Timur, dr. H. Edy Gunawan, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Timur, Sahminan, Asisten Pemerintahan Setdakab Aceh Timur Syahrizal Fauzi, dan Plt. Asisten Adiministrasi Umum Setdakab Aceh Timur, M. Reza Rizki, Kepala BPBD Aceh Timur Ashadi, dan beberapa pejabat lainnya. (b24)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2