Rizal Ramli Buka-Bukaan Soal Pandora Papers Hingga Capres 2024

Rizal Ramli Buka-bukaan Soal Pandora Papers Hingga Capres 2024

  • Bagikan
Rizal Ramli Pandora Papers
Tokoh nasional, Dr Ir Rizal Ramli, MA ber ’Kombur Malotup’ di Waspada TV soal Pandora Papers bersama host Ikhyar Velayati yang akrab disapa Bung Casper. Waspada/Surya Efendi

Dalam bincang-bincang di Waspada TV, Rizal Ramli blak-blakan soal Pandora Papers

MEDAN (Waspada): Dr Ir Rizal Ramli, MA, dikenal sebagai pakar ekonomi, politikus, aktivis yang juga mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Republik Indonesia hadir di segmen podcast Kombur Malotup channel YouTube Waspada TV.

Bersama Waspada TV, Rizal Ramli lantang berbicara tentang Pandora Papers yang diduga melibatkan dua pejabat negara, yakni Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko Maritim dan Investasi (Maves) Luhut Binsar Pandjaitan.

‘’Memang jadi kebiasaan oleh orang-orang kaya dan orang-orang berkuasa di seluruh dunia menghindari beban pajak di negaranya sendiri. Mereka cari jalan supaya gak bayar tarif pajak yang begitu tinggi di negaranya. Caranya mereka buat perusahaan shell, perusahaan ecek-ecek la,’’ cetus Rizal Ramli. 

Di Indonesia, kata Rizal Ramli, Pandora Papers melibatkan dua pejabat, yakni Airlangga dan Luhut.

‘’Kalau Pak Luhut, pada waktu itu dia lakukan itu saat masih jadi orang swasta ada proyek di Ecuador, proyeknya gagal. Sedangkan Pak Airlangga, dia terbukti menaruh uang di luar. Itu tidak etis. Pejabat jadi contoh warga negara yang baik, yakni taat membayar pajak,’’ ucap Rizal Ramli.

Rizal Ramli pun mengaku bingung siapa yang berani meneliti kedua orang tersebut. ‘’Kok berani mencalonkan jadi presiden. Jangan-jangan presiden……,’’ celetuk Rizal Ramli.

Ia menyebutkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya hak melakukan pemeriksaan kepada pejabat maupun pengusaha. ‘’Masalahnya Jokowi berani gak sama Luhut atau Airlangga?,’’ tandasnya.

Bahkan Rizal yakin Indonesia bisa keluar dari krisis ekonomi dengan cara mengubah sistem yang berlaku.

Menjawab pertanyaan soal kemungkinan maju di Capres 2024, pria kelahiran Padang pada 66 tahun yang lalu itu tidak menutup segala kemungkinan.

“Kalau saya mendapatkan amanah untuk maju dan didukung oleh masyarakat di Sumut, pasti saya maju, dan saya kepret semua yang gak bener,” tambahnya lagi sambil tertawa.

Dalam kesempatan itu, Executive Producer Waspada TV, Hang Tuah Jasa Said mengatakan, segmen podcast kali ini juga menyentil sejumlah isu di beberapa BUMN.

‘’Selain Pandora Papers, masalah proyek Jusuf Kalla hingga Danau Toba disampaikannya. Rizal Ramli yang akrab disapa ‘Rajawali Ngepret’ ini blak-blakan soal calon presiden. Lalu masalah korupsi, Garuda Indonesia, PLN hingga partai politik,’’ ucap Hang Tuah Jasa Said.

Podcast Kombur Malotup – Rizal Ramli Bongkar Habis Pandora Papers yang mengusung tema: Skandal Pandora Papers Versi Rizal Ramli telah tayang di Waspada TV, Senin (25/10).

‘’Untuk menonton lebih lengkap dan tuntas cakap-cakap dengan Rizal Ramli selama hampir satu jam tersebut, pembaca Waspada dapat mengeklik Waspada TV di channel YouTube. Jangan lupa berlangganan, bagikan, bunyikan lonceng, dan berikan komentar,’’ demikian tutup Hang Tuah Jasa Said.(m29)

  • Bagikan