Waspada
Waspada » Ribuan KK Terdampak Pandemi Di Simeulue Belum Terima BLT DD
Aceh Headlines

Ribuan KK Terdampak Pandemi Di Simeulue Belum Terima BLT DD

KANTOR Desa Naserehe, Kecamatan Salang, Simeulue yang dipolice line akibat kericuhan BLT DD. Foto diperoleh Waspada dari Netizen, Sabtu (23/5). Waspada/Ist
KANTOR Desa Naserehe, Kecamatan Salang, Simeulue yang dipolice line akibat kericuhan BLT DD. Foto diperoleh Waspada dari Netizen, Sabtu (23/5). Waspada/Ist

SIMEULUE (Waspada): Ribuan KK warga di Simeulue yang terdampak Pandemi Covid-19 hingga menjelang akhir Ramadhan memasuki Idul Fitri 1441 Hijriah di laporkan belum menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari sumber Dana Desa (DD).

Diinformasikan oleh sejumlah sumber Waspada di lapangan yang minta dirahasiakan hal itu disebabkan kondisi Kas Simeulue minus.

Kemudian ada juga yang mengatakan keterlambatan penyaluran karena tumpang tindih dan kurang akuratnya data yang diterima Pemerintah Desa dari kabupaten.

Adapun diinformasikan ribuan KK yang belum terima BLT DD tersebar di berbagai desa se Simeulue.

Diisukan dari 138 total desa di Simeulue baru belasan desa yang menyalurkan.

Bahkan ada beberapa desa yang menyalurkan BLT ricuh diantaranya di Desa Naserehe, Kec. Salang.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Simeulue, Husin Alim yang dihubungi Waspada via telpon, Sabtu (23/5) membenarkan adanya kericuhan di Desa Naserehe, Kec. Salang saat pembagian BLT DD.

Menurutnya hal itu akibat kesalahpahaman karena kurang jelas Pemerintah Desa memberikan informasi kepada warga sehingga penduduk yang tak dapat menjadi beringas.

Padahal sambung Husin Alim warga Naserehe yang tak dapat BLT DD nama mereka tercantum di bantuan lain.

Lebih lanjut dia membantah penyaluran BLT DD di Simeulue baru belasan desa, “sudah 60 an desa dan sampai sore ini (red-Sabtu 23/5) masih ada yang sedang berlangsung,” jelasnya.

Namun dia tidak menampik soalnya kekurangan uang. Hal itu menurut Husin Alim karena penarikan pertama 40 persen akan tetapi sebagian sudah dimanfaatkan desa untuk infrastruktur desa.

“Memang sebagian desa tidak cukup, karena sudah dipakai untuk yang lain dana tahap I, siap lebaran ini segera direalisasikan lagi,” janji Husin Alim.

Sekedar catatan imbauan Presiden Jokowi idealnya BLT DD sudah tersalurkan sebelum 24 Mei 2020.

Soal kantor desa di Naserehe di Kec. Salang yang sempat dipolice line akibat kericuhan warga, Kapolsek Salang Iptu Wahid Fadil yang dihubungi Waspada melalui telpon, Sabtu (23/5) menyatakan telah selesai. (b26)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2