Waspada
Waspada » Ratusan TKI Dilaporkan Hilang Di Arab Saudi, Diduga Disekap Atau Kabur
Headlines Internasional

Ratusan TKI Dilaporkan Hilang Di Arab Saudi, Diduga Disekap Atau Kabur

Kumpulan TKI yang pernah dilaporkan hilang melalui sejumlah grup Facebook. BBC Indonesia

RIYADH, Arab Saudi (Waspada): Setidaknya puluhan keluarga di Indonesia melaporkan kehilangan anggota keluarganya yang bekerja menjadi TKI di Arab Saudi. Laporan ini mencuat dari sejumlah grup di Facebook.

Dikutip dari BBC Indonesia, Jumat (19/3/2021), salah satu yang dilaporkan hilang, Sopiah, akhirnya ia dipulangkan majikan pada Oktober 2020 setelah 11 tahun ‘hilang’ karena ‘gerakan’ di media sosial itu.

Hari itu, dengan suara berapi-api, Sopiah mencetuskan kekesalannya akan eks majikannya di Arab Saudi, “Nggak ada keluarga saya itu, sudah mati semuanya,” ujarnya mengisahkan pernyataan majikannya tersebut.

Menurut Sopiah, majikannya berusaha menahan perempuan yang sudah satu dekade bekerja di Riyadh itu. Sopiah termasuk beruntung ketika ratusan TKI lainnya, menurut catatan Kedutaan Besar Indonesia di Riyadh, telah habis kontrak tapi tak dipulangkan.

Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) menguatkan fakta itu, dengan menyebut TKI yang hilang kontak dengan keluarga ini karena disekap atau kabur dari majikan di tengah pemberlakuan sistem kafala.

Kafala disebut sebagai sistem perbudakan modern, yang membuat TKI terikat dengan majikan, tak bisa pindah kerja atau meninggalkan negara dengan alasan apapun tanpa izin tertulis dari majikan.

Mulai Maret 2021, pemerintah Arab Saudi mencabut kebijakan sistem kafala, tapi untuk pekerja profesional- tidak termasuk pekerja rumah tangga. SBMI berkecil hati, kebijakan itu bisa berdampak pada nasib TKI.

Namun lembaga ad hoc bentukan pemerintah untuk perlindungan TKI mengeklaim berusaha memulangkan TKI yang hilang kontak dengan ajakan ‘persuasif’ kepada majikan.

BBC News Indonesia mengumpulkan laporan TKI hilang di Arab Saudi dari sejumlah grup TKI Arab Saudi di Facebook. Dalam satu tahun terakhir saja, terdapat unggahan 37 laporan TKI yang hilang di Arab Saudi.

BBC telah mewawancarai sebagian keluarga dari yang melaporkan itu, dan sejauh ini baru tiga keluarga yang mengatakan sudah mendapat kabar dari anggota keluarganya yang hilang kontak, termasuk Sopiah.

Saat ini ratusan TKI di Arab Saudi masuk dalam daftar pencarian keluarganya di Indonesia. Bukan hanya itu, sejumlah TKI yang bekerja di Timur Tengah yang masih menggunakan sistem kafala bagi buruh migran juga dilaporkan hilang (bbc indonesia)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2