Waspada
Waspada » Rapat DPRD Tidak Difasilitasi, Kantor Sekwan Humbahas Disegel
Headlines Sumut

Rapat DPRD Tidak Difasilitasi, Kantor Sekwan Humbahas Disegel

 

DOLOKSANGGUL (Waspada): Buntut penyegelan Kantor Sekertaraiat DPRD Kab. Humbang Hasundutan (Humbahas), adalah karena rapat di lembaga DPRD itu tidak difasilitasi oleh Sekwan. Selain itu rapat yang dipimpin oleh Waket I Marolop Manik dan Wakket II, Labuan Sihombing juga tidak dihadiri oleh pihak eksekutif.

 

Rapat DPRD yang direncanakan untuk membahas lima Ranperda inisiatif pihak eksekutif itu akhirnya berujung penyegelan Sekertariat DPRD. Penyegelan kantor sekertariat itu langsung dipimpin oleh dua unsur pimpinan Marolop Manik dan Labuan Sihombing bersama 13 dewan lainnya. Dua unsur pimpinan dan 13 orang dewan itu tergabung dalam lima fraksi, yakni fraksi Golkar, Hanura, NasDem, Gerindra- Demokrat (Gede), dan fraksi Persatuan Solidaritas.

 

Usai penyegelan, para wakil rakyat itu mendatangi Mapolres Humbahas guna menyampaikan bahwa kantor Sekwan Humbahas ditutup sementara.

 

Waket I DPRD Humbahas, Marolop Manik kepada Waspada.id via selulernya menyampaikan, bahwa penyegelan dilakukan susuai keputusan bersama 15 orang DPRD, dengan alasan rapat paripurna tidak difasilitasi Sekwan.

 

Dijelaskan, sesuai kesepakatan rapat Banmus, Jumat (28/5) lalu, bahwa hari ini, Senin (31/5) akan dilakukan rapat paripurna DPRD dengan agenda penyampaian nota pengantar lima Ranperda. Namun setelah ditungu hingga sekira pukul 10:30 WIB, tidak seorang pun dari pemerintah dan sekretariat yang hadir di ruang paripurna. Sehingga 15 orang anggota dewan dari lima fraksi menyepakati untuk menyegel kantor sekretariat,” katanya.

 

“Seyogianya, hari ini, bupati membacakan nota pengantar lima Ranperda inisiatif dari pemerintah. Setelah dilakukan pembahasan dalam paripurna, selanjutnya , Jumat, (4/6) dilakukan pengesahan. Namun pada agenda pembacaan nota pengantar lima Ranperda, tak satu orang pun dari mereka (eksekutif) yang hadir. Sementara bupati yang mengusulkan Ranperda dan semua tahapan sudah dilalui. Bupati tidak datang, berarti Ranperda ini tidak perlu,” tukasnya.

 

Senada juga disampaikan Waket II DPRD Humbahas, Labuan Sihombing. Politisi dari fraksi Hanura itu menyampaikan bahwa perihal pelaksanaan rapat di DPRD, pihaknya tidak difasilitasi Sekwan sehingga pihaknya sepakat melakukan penyegelan atau penutupan sementara kantor DPRD Humbahas.

 

Pimpinan itu sifatnya kolektif kolegial. Tidak ada sebutan ketua atau wakil ketua namun pimpinan untuk memimpin rapat. Jadi kalau tidak ada ketua, tidak bisa lagi wakil ketua memimpin rapat? Disinilah berlaku kolektif kolegial.

 

“Pelaksanaan rapat yang tidak difasilitasi sekwan ini, bukan lagi kali pertama. Namun sudah berulangkali rapat DPRD tidak difasilitasi oleh Sekwan dan staf. Sebagai bentuk protes dari dewan, sehingga dilakukan penyegelan. Namun penyegelan ini sifatnya sementara bukan untuk selamanya,” kata Labuan.

 

Terpisah, Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumban Gaol menyampaikan, bahwa rapat yang dipimpin wakil ketua itu tidak sepengetahuan dirinya selaku pimpinan di DPRD.

 

Bahkan dia menyebut kalau rapat itu merupakan rapat Illegl sebagai upaya kudeta terhadap dirinya sebagai Ketua DPRD yang sah sesuai Undang-undang. “Itu rapat Illegal dan upaya melakukan kudeta kepada ketua DPRD yang sah. Dan perlu diketahui, mereka tidak berhak mengganti posisi saya sebagai ketua lembaga DPRD. Saya duduk sebagai ketua, karena perintah partai, yang memperoleh kursi terbanyak di lembaga DPRD,” tegasnya.

 

Dia juga menyebutkan kalau penutupan ruangan sekretariat itu merupakan perbuatan pelanggaran hukum. “Tidak ada hak DPRD untuk menyegel kantor pemerintah,” terangnya.

 

Sekedar diketahui, 15 orang dewan yang melakukan penyegelan sekertariat DPRD Humbahas itu Waket I Marolop Manik, Waket II Labuan Sihombing,

Marsono Simamora, Normauli Simarmata, Mutiha Hasugian, Bresman Sianturi, Martini Purba, Bantu Tambunan, Muslim Simamora, Marolop Situmorang, Laston Sinaga, Sanggul Rosdiana Manalu, Charles Heryanto Purba, Jimmy Togu Purba, dan Guntur Simamora. (cas)

 

Ket Foto: ANGGOTA DPRD Humbahas Segel Kantor Sekertariat DPRD. Waspada/ist

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2