Waspada
Waspada » Quartararo Juara, Marquez Menangis Finis
Headlines Olahraga

Quartararo Juara, Marquez Menangis Finis

PEBALAP Yamaha, Fabio Quartararo menjuarai MotoGP Portugal 2021. Reuters

PORTIMAO (Waspada): Marc Marquez menangis setelah berhasil menyelesaikan balapan MotoGP Portugal 2021 dengan finis ketujuh di Sirkuit Portimao, Minggu (18/4), usai absen sembilan bulan karena cedera.

Marquez sempat memulai balapan dengan luar biasa. Start dari posisi keenam, pebalap Repsol Honda itu berada di posisi keempat memasuki tikungan pertama.

Namun, The Baby Alien mengalami kesulitan untuk mempertahankan posisi. Kondisi humerus kanan yang belum sepenuhnya pulih membuat Marquez kesulitan bersaing dengan pebalap yang lain.

Marquez kemudian sempat tercecer hingga ke posisi sembilan. Meski begitu, juara dunia MotoGP enam kali itu tetap mampu mempertahankan posisi di 10 Besar hingga akhir balapan.

Kecelakaan yang dialami Jack Miller, Alex Rins, dan Johann Zarco di sisa pertandingan membuat Marquez berhasil finis di posisi tujuh di depan sang adik, Alex Marquez.

Marquez langsung menjadi pebalap Honda tercepat di MotoGP Portugal. Alex finis kedelapan, Takaaki Nagakami finis di posisi 10, sedangkan Pol Espargaro gagal finis karena masalah teknis.

Sukses finis ketujuh membuat Marquez meraih sembilan poin di MotoGP Portugal. Dan sesampainya di paddock Repsol Honda, pebalap asal Spanyol itu tidak bisa menahan air mata.

Marquez menangis. Setelah mengucapkan sesuatu kepada kru tim, Marquez mendapat tepuk tangan meriah dari anggota kru Repsol Honda.

Tangis Marquez muncul setelah pebalap 28 tahun itu sebelumnya mengatakan sempat takut tidak bisa kembali balapan di MotoGP setelah absen sembilan bulan.

Sementara itu, Fabio Quartararo tampil sebagai pemenang MotoGP Portugal 2021. Balapan MotoGP Portugal diwarnai kecelakaan Alex Rins yang sedang bersaing dengan Quartararo di posisi terdepan.

Pemuncak klasemen MotoGP 2021, Pramac Johann Zarco juga kecelakaan saat bersaing meraih podium melawan Joan Mir dan Bagnaia.

Kecelakaan juga dialami sejumlah pebalap papan atas, termasuk Valentino Rossi, Jack Miller, dan juara bertahan MotoGP Portugal musim lalu Miguel Oliveira.

Johann Zarco memulai balapan dengan sempurna dan memimpin atas Rins. Quartararo yang memulai dari pole turun ke posisi enam setelah melakukan start buruk. Marc Marquez sempat naik ke posisi tiga sebelum disalip Mir di lap pertama.

Marquez kemudian melakukan kesalahan di lap dua setelah menyenggol bagian belakang. Kesalahan itu dimanfaatkan Quartararo dan Jack Miller untuk menyalip. Quartararo kemudian naik ke posisi tiga dengan melewati Mir.

Rins sukses mengambil alih pemimpin balapan dari Zarco pada lap kelima. Persaingan ketat antara Rins vs Quartararo dan Zarco vs Mir terjadi mulai lap ketujuh.

Quartararo kemudian berhasil menyalip Rins dan memimpin MotoGP Portugal 2021 pada lap kesembilan. Sementara Mir dan Zarco juga masih bersaing ketat untuk memperebutkan posisi ketiga. Di posisi ini Marquez masih bertahan di posisi sembilan.

Setelah sempat bersaing ketat dengan Rins, Quartararo akhirnya bisa bernapas lega pada lap ke-19 setelah Rins melakukan kesalahan di tikungan kelima dan terjatuh. Padahal keduanya sudah unggul 3,7 detik atas pembalap di belakangnya.

Satu lap kemudian giliran Zarco yang mengalami kecelakaan saat sedang bersaing dengan Mir dan Bagnaia. Quartararo akhirnya menang MotoGP Portugal 2021 dengan mengalahkan Bagnaia dan Mir yang finis di posisi ketiga. (m18/cnni/mgp)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2