Waspada
Waspada » Puluhan Wartawan Media Cetak Dan Online Ikuti UKW Di Aceh Tenggara
Aceh Headlines

Puluhan Wartawan Media Cetak Dan Online Ikuti UKW Di Aceh Tenggara

DISKOMINFO Kabupaten Agara, Zul Fahmi SSos. Waspada/Seh Muhammad Amin
DISKOMINFO Kabupaten Agara, Zul Fahmi SSos. Waspada/Seh Muhammad Amin

KUTACANE (Waspada): Puluhan wartawan media cetak dan online mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Gedung Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Kabupaten Aceh Tenggara pada 28-29 November 2020.

Digelarnya pelaksanaan UKW dengan tujuan guna menambah pengetahuan serta dapat meningkatkan kemampuannya untuk menjadi jurnalis yang handal dan profesional ke depan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Aceh Tenggara (Agara), Zul Fahmi S.Sos kepada Waspada Jumat (27/11).

Dijelaskan, sesuai komitmen Bupati Aceh Tenggara, Drs.H. Raidin Pinim akan membina para jurnalis yang ada di daerah ini agar lebih profesional dalam menulis pemberitaan sebagai salah satu pilar demokrasi dan mencerdaskan masyarakat dalam mendapatkan informasi.

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua haritersebut diikuti 35 peserta dari Aceh Tenggara, Kabupaten Gayo Lues, Langsa, Aceh Tamiang, Banda Aceh sesuai ketentuan yang diatur Dewan Pers, baik yang tergabung dalam wadah maupun yang belum bergabung, di berbagai wadah organisasi kewartawanan seperti HIPSI.

Kemudian, PWA, Koswari, Perwata,  yang lainnya atau pun bagi wartawan yang berstatus sebagai wartawan lepas (freelance journalist), dengan melengkapi persyaratan yang digariskan oleh Dewan Pers bisa mengikuti UKW ini, tegas Zul Fahmi.

Untuk lembaga penguji UKW ini pihaknya telah meminta pihak PWI Aceh sebagai lembaga uji resmi yang ditunjuk oleh Dewan Pers, semoga PWI Aceh dinilai sedikit banyak memahami berbagai persoalan dan tantangan yang dihadapi para wartawan yang bertugas di daerah kita ini, tandas Zulfahmi.

Diakuinya, UKW ini baru pertama kali kita gelar, Insya Allah dengan persiapan yang sudah kita godok jauh hari sebelumnya akan mampu kita sukseskan, apalagi sejauh ini mendapat respon positif dan dukungan kuat dari para pekerja kuli tinta yang memang memiliki niat kuat untuk meningkatkan kemampuannya serta pengetahuan dalam menekuni profesi sebagai wartawan.

Sementara sebagai Tim Penguji UKW diantaranya, Rajab Ritonga, Tarmilin Usman, M.Syahrir,T Haris Fadilah, Dedi Sahputra, Hermansyah sebut Zul Fahmi menambahkan. (cseh)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2