Waspada
Waspada » Puluhan Rumah Pasar Bawah Serbelawan Terendam Banjir
Headlines Sumut

Puluhan Rumah Pasar Bawah Serbelawan Terendam Banjir

SUASANA banjir yang melanda Pasar Bawah Serbelawan, Jumat (5/6) malam. Sejumlah warga berupaya menyelamatkan diri dan perabotan rumah tangga yang terendam air.
SUASANA banjir yang melanda Pasar Bawah Serbelawan, Jumat (5/6) malam. Sejumlah warga berupaya menyelamatkan diri dan perabotan rumah tangga yang terendam air.

SERBELAWAN (Waspada): Banjir besar kembali melanda Lingkungan Pasar Bawah Kelurahan Serbalawan Kec. Dolokbatunanggar, Kab. Simalungun, Jumat (5/6) sekira pukul 20.00 malam.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun banjir tersebut mengakibatkan puluhan rumah yang dihuni sekitar 55 KK (Kepala Keluarga) yang bersebelahan dengan sungai ‘mak awe’ Pasar Bawah Serbelawan terendam air setinggi 1 hingga 2 meter.

Salah seorang warga yang rumahnya ikut terendam air banjir di Pasar Bawah Serbelawan, Jamal Damanik, melalui pesan WhatsApp kepada Waspada, Sabtu (6/6) pagi, banjir disebabkan hujan deras yang mengguyur kawasan hulu sungai sejak Jumat (5/6) sore hingga malam hari.

“Peristiwanya sekitar pukul 20.00 lewat, banjir datang tiba-riba, air langsung merendam rumah yang ada di sekitar sungai. Warga hanya bisa menyelamatkan diri, sedangakan barang perabotan terpaksa ditinggal terendam air,” ujar Jamal Damanik.

Dia juga mengatakan, tiga tahun sebelumnya banjir juga pernah melanda Pasar Bawah Serbelawan ini dan volumenya jauh lebih besar dari banjir yang sekarang, karena waktu itu menyebabkan ada korban jiwa dan harta milik warga.

“Kami meminta ada perhatian serius dari Pemkab Simalungun untuk mengatasi persoalan banjir yang dialami warga Pasar Bawah, karena banjir ini sudah sering terjadi, saat musim penghujan,” harap Jamal Damanik.

Menjelang tengah malam air baru mulai surut dan warga yang sempat mengungsi karena banjir kembali untuk membersihkan rumahnya.

Pada malam itu juga, pihak Kapolsek beserta Danramil Serbelawan turun ke lokasi banjir. (a27)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2