PSMS Minta LIB Segera Rilis Jadwal - Waspada

PSMS Minta LIB Segera Rilis Jadwal

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mendapat lampu hijau dari Pemerintah untuk menggelar Liga 2 di luar Pulau Jawa dan Bali.

Hal itu disampaikan Pemerintah lewat Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) luar Pulau Jawa dan Bali, Airlangga Hartarto.

Terkait hal ini, Sekretaris Umum PSMS Medan Julius Raja mengatakan pihaknya masih menunggu jadwal pertandingan resmi yang dikeluarkan PT LIB.

“Kita masih menunggu, malam ini (tadi malam) memang kita klub-klub mau ada rapat dengan LIB terkait jadwal pertandingan,” kata pria akrab disapa King ini, Rabu (29/9).

Diakui King, manajemen PSMS berharap PT LIB segera merilis jadwal. “Tentu harapannya cepatlah (rilis jadwal pertandingan). Tahu di mana lokasi pertandingan dan jadwalnya. Jadi bisa cepat mempersiapkan segala keperluannya,” ucap King.

Sejauh ini, pada pekan perdana Liga 2 Indonesia, hanya tim penghuni Grup B dan C yang sudah menjalani laga di Jakarta dan Solo. Sedangkan Grup A dan D masih menunggu jadwal resmi dari PT LIB dan PSSI.

Sesuai rencana awal, babak penyisihan Liga 2 Grup A bakal dimainkan di Palembang, Sumatera Selatan. Sedangkan Grup D di Palangkaraya, Kalimantan Tengah..

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) menyampaikan bahwa pemerintah memberi izin kompetisi Liga 2 di luar Jawa digelar kembali.

“Kami mengapresiasi (usulan Menpora dan PSSI) dan mempersilakan untuk diselenggarakan (Liga 2),” ujar Menko Airlangga dalam Konferensi Pers Hasil Pertemuan Menko Perekonomian dan Menpora dengan PSSI, Selasa (28/9).

Menko Airlangga menyampaikan Liga 2 akan dilaksanakan di sejumlah provinsi di luar Pulau Jawa, yakni di Pekanbaru, Palembang, Balikpapan dan Palangkaraya.

Kompetisi akan digelar tanpa penonton dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, sesuai dengan penyelenggaraan Liga 1 yang telah terlebih dahulu bergulir.

Sedangkan kompetisi Liga 2 di Pulau Jawa sudah bergulir sejak Minggu (26/9) dengan laga pembuka antara Persis Solo vs PSG Pati di Stadion Manahan Solo yang dimenangkan Persis Solo dengan skor 2-0.

“Melihat dari pengalaman penyelenggara Liga 1, dimana penyelenggara melakukan pengamanan prokes ketat, baik itu dilakukan PCR maupun tes antigen tidak hanya setiap hari tetapi setiap kali memasuki venue,” ujar Airlangga.

Airlangga juga mengatakan bahwa penyelenggara Liga 2 juga menjamin bahwa titik masuk keluar stadion akan terkendali dan stadion hanya akan diisi dengan jumlah kurang dari 300 orang yang terdiri dari pemain, official, wasit, serta panitia.

Ia menyampaikan kompetisi olahraga penting untuk diselenggarakan sebagai sarana untuk mengasah prestasi para pemain, terlebih Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk Piala Dunia U-20 pada tahun 2023.

“Kita harus mulai dan Alhamdulillah PSSI sudah mulai dan olahraga ini juga menjadi ajang prestasi. Kemudian juga (penerapan) prokes bisa menjadi contoh pada kegiatan olahraga yang lain,” tutur Airlangga. (m33)

  • Bagikan